Tidak Hebat, Tapi Setia    

Tidak Hebat, Tapi Setia

Keceriaan, rasa syukur dan sukacita terpancar dari hati tim musik ansemble SD Kristen Petra 5 saat berkolaborasi menyanyikan lagu “ Mary’s Boy Child” dan “ Kau Selalu Sertaku” dalam pelayanan ibadah minggu di GKA Trinitas.

Dancing in the Harmony    

Dancing in the Harmony

Hula hoop merupakan salah satu variasi dalam kegiatan fun gym, oleh karena itu di malam pentas seni SD Kristen Petra 5 yang bertemakan “Unity in Diversity” kami mencoba untuk menampilkan aksi hula hoop tersebut.

Fairy Feather Dance    

Fairy Feather Dance

Malam Pentas Seni siswa SD Kristen Petra 5 dengan tema Unity in Diversity menampilkan berbagai tari-tarian tradisional dan internasional. Salah satunya adalah Buchaechum atau Tari Kipas . Tarian ini merupakan tarian yang terkenal dari Korea, biasanya dipentaskan oleh sekelompok wanita.   

Hula Hoop    

Hula Hoop

Olahraga hula hoop tidak hanya membantu siswa dalam mencapai berat badan idean tapi juga melatih kepercayaan diri siswa. Kegiatan ini juga merupakan aplikasi dari program Student Learning Outcomes terutama dari aspek Physical Growth

Excellent Point    

Excellent Point

Guzheng, alat musik tradisional China, yang merupakan Excellent Point dari SD Kristen Petra 5

Fun Gym    

Fun Gym

Kegiatan yang mendukung program Physical Growth dari Student Learning Outcome

Tim Doa Gabungan    

Tim Doa Gabungan

Persekutuan doa merupakan suatu cara yang efektif untuk belajar tentang arti dari saling mendukung, saling memberi dorongan, saling menanggung, saling melayani, dan bertumbuh dalam Tuhan. Kita dapat merasakan betapa besarnya kuasa doa. Hal ini sejalan dengan misi sekolah kami yaitu membentuk pribadi siswa melalui religious education (pendidikan agama)

Mikroskop    

Mikroskop

Dengan mengoperasikan mikroskop, siswa dapat mendalami pelajaran IPA tidak hanya dari buku saja, tetapi juga melalui praktek.

Tarian Balet Klasik    

Tarian Balet Klasik

Tarian balet klasik dari Excellent Life Skill Ballet SD Kristen Petra 5 yang berkarakter nan anggun ini mampu menarik hati para juri pada Lomba HUT ke-60 PPPK Petra. Dengan menunjukkan kemampuan mime, akting, dan musikalnya, para pebalet cilik ini berhasil meraih Juara III.

Gedung Sekolah    

Gedung Sekolah

Proses belajar dan mengajar dilaksanakan ditempat ini

Kegiatan Ekstrakurikuler    

Kegiatan Ekstrakurikuler

Ruang-ruang penunjang lain sebagai pelengkap kebutuhan siswa untuk meningkatkan kreativitas, yang terdiri atas: ruang tari, ruang lukis, ruang paduan suara, ruang musik (tradisional dan modern), dan ruang laboratorium (komputer dan IPA) yang menjadi alternatif siswa untuk meningkatkan talentanya.

Pentas Seni dan Kerohanian    

Pentas Seni dan Kerohanian

Kegiatan kerohanian dan pentas seni, menjadi acara rutin tahunan untuk menunjukkan bakat dan minat siswa kepada orang tua.

Pentas Seni dan Kerohanian    

Pentas Seni dan Kerohanian

Kegiatan kerohanian dan pentas seni, menjadi acara rutin tahunan untuk menunjukkan bakat dan minat siswa kepada orang tua.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

Pendidikan Karakter - Menghormati Sesama

menghormati_sesama_01.jpgmenghormati_sesama_02.jpgmenghormati_sesama_03.jpg

Tuhan menciptakan manusia dengan kemampuan dan kondisi yang berbeda – beda. Dengan adanya perbedaan ini, hendaknya sesame manusia saling melengkapi dan mengisi perbedaan yang ada. Hal ini dikarenakan manusia adalah makhluk sosial.

Seorang manusia tidak dapat hidup sendiri dan saling membutuhkan karena itu diperlukan rasa kepedulian dan empati yang harus dibangun nulai sejak dini. Kali ini, siswa SD Kristen Petra 5 diajak untuk belajar membangun kepedulian terhadap sesama khususnya orang – orang yang berjasa dalam kehidupan namun seringkali terlupakan. Siswa diminta untuk melakukan wawancara terhadap pembantu, sopir, tukang kebun, satpam, ataupun karyawan di sekolah. Tujuan dari kegiatan tersebut siswa diharapkan untuk mengerti dan merasakan apa yang dialami oleh orang yang diwawancarai.

 

To be a Blessing in My Family

to_be_blessing_01.jpgto_be_blessing_02.jpgto_be_blessing_03.jpg

Papa dan mamaku yang kusayangi dan kucintai lebih dari apapun yang ada di dunia ini. Aku ingin mengucapkan terima kasih untuk semua yang kalian berikan. Aku bersyukur sekali memiliki orangtua seperti kalian yang selalu memberikan cinta dan kasih sayangnya kepadaku selama ini, serta telah mendidikku dengan kelembutan, kehangatan, dan kesabaran ……

Itulah salah satu petikan surat cinta yang dibuat oleh salah satu siswa kelas IV SD Kristen Petra 5. Dalam kegiatan Pendidikan Karakter “To Be a Blessing in My Family” kami dan papa mama saling membalas surat cinta. Tidak hanya dengan surat cinta kami menunjukkan cinta kasih kami kepada papa mama tapi juga melalui kegiatan menghias nasi goreng. Nasi goreng yang telah kami hias, kami persembahkan kepada papa mama. I LOVE PAPA MAMA.

Menepati Janji

Pepatah mengatakan “janji adalah hutang”. Oleh karena itu apabila berjanji kita berkewajiban untuk menepatinya, agar kita tidak berhutang baik pada diri sendiri maupun pada orang lain. Dalam Pendidikan karakter kali ini, kami diajak untuk belajar menepati janji. Tujuannya adalah agar kami dapat mengucapkan janji yang baik, menepati janji yang baik, dan mengetahui apa akibatnya jika tidak menepati janji. Dari sini kami belajar bahwa ternyata menepati janji tidaklah mudah, oleh karena itu kita tidak boleh sembarangan berjanji.

Supaya kami selalu ingat untuk menepati janji, di kelas kami membuat slogan. Slogan kami buat dalam bentuk hati. Di situ kami menuliskan janji kami untuk ditepati. Kemudian kami tempelkan di kertas karton untuk dipajang dalam kelas. Kami berjanji untuk selalu menepati janji. So, let’s keep our promise……!

menepati_janji1.jpgmenepati_janji2.jpg

Menabung Perilaku yang Baik

Mengajarkan kebiasaan baik sejak dini sama halnya dengan membuat pondasi bagi kepribadian mereka di masa depan. Hal itulah yang diajarkan pada kegiatan Perkembangan Karakter siswa kelas I SD Kristen Petra 5. Siswa diajak untuk membuat "tabungan perilaku baik" dari botol air mineral. Tabungan tersebut dipakai untuk menyimpan gulungan kertas bertuliskan perilaku baik siswa yang telah dilakukan di luar sekolah.

perilaku-1.jpgperilaku-2.jpgperilaku-3.jpg

My Wish

Tahun 2013 telah kita lewati dan kita tinggalkan bersama, dan saat ini kita memasuki tahun baru yaitu 2014. maka pada hari Sabtu, 11 Januari 2014, siswa SD Kristen Petra 5 Surabaya mengawalinya dengan bentuk Persekutuan Doa. Hal ini sebagai wujud kita akan tahun yang sudah kita lewati dan memohon pertolongan Tuhan untuk menapaki tahun 2014.

Setelah Persekutuan Doa selesai, siswa kelas IV – V membentuk konfigurasi ”D5 2014” serta mempersembahkan komitmen berupa harapan-harapan di tahun 2014. Harapan yang ditulis diikat pada balon. Setiap siswa memegang balon beserta harapannya siap untuk diterbangkan dengan tujuan bahwa apa yang diharapkan selalu dikenang dan akan dirajut sampai tercapai. Ketika akan mencapai harapan tersebut para siswa harus merajutnya dengan penuh ketekunan, kesabaran, keuletan dengan sekuat tenaga bagaikan balon yang terbang tinggi.

Wish1.jpgWish2.jpg

boost the values reap the success