| |

Art, Science and Charity Event Rise and Shine with Petra

Art Science and Charity event (ASCE) adalah salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh SD Kristen Petra 5 setiap tahun. Acara ini diselenggarakan secara meriah dengan berbagai macam kegiatan yang disusun untuk diikuti oleh seluruh siswa. Mulai dari Art Exhibition untuk menunjukan hasil karya siswa, games, Science experiment, lomba-lomba, dan yang tidak ketinggalan adalah acara online food. Kegiatan ini bertujuan untuk menunjukan hasil karya siswa kepada orang tua (Art Exhibition, Science Experiment) dan juga mengajarkan siswa untuk berbagi dengan sesama (Charity Event). Biasanya acara berlangsung sangat meriah karena siswa dan orang tua datang bersama ke sekolah.

ASCE_3.jpgASCE_2.jpgASCE_1.jpgASCE-04.jpg

Tahun ini acara Art, Science and Charity Event (ASCE) diselengarakan pada hari Jumat, 12 Maret 2021 dengan tema Rise and Shine with Petra.  Melalui tema ini, kami belajar  bangkit dan tetap bersinar mengembangkan talenta yang kami miliki melalui karya-karya positif dan tetap berkontribusi mengambil bagian meskipun hanya di rumah saja. Mengembangkan talenta yang diberikan Tuhan dengan suka cita untuk kemuliaan-Nya.

Acara Rise and shine with Petra terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan, mulai dari lomba-lomba, seperti Design Tumbler, T-Shirt Painting, Singing Competition (Raise) for 1st grader, dan Vlog Compeition for Kindergarten Kids. Ada juga persembahan talenta yang dimiliki siswa seperti menyanyi, bermain piano, membaca puisi, dan menari. Penampilan khusus yang dikemas dalam judul Virtual Art with 7 Amazing Icons of Art yang terdiri dari 5 siswa SD Kristen Petra 5 bersama Mr.Vrisky dan Mr. Andri. Di sesi ini siswa dapat melihat teman-teman mereka melukis sampai menjadi sebuah karya yang indah. Pada sesi Science Experiment Class, Bapak/Ibu guru melakukan berbagai percobaan yang harus diikuti oleh siswa di rumah, seperti visualisasi magma, kapilaritas, memindahkan air dengan benang, dan estafet air. Terlihat di layar zoom meeting, siswa mengikuti semua acara dengan antusias dan senang.

Selesai acara dengan siswa, dilanjutkan dengan acara D5 Online Food. Sekolah menjual aneka makanan yang dapat dipesan oleh orang tua di rumah. Pemesanan secara online dan makanan diambil secara drive thru, dan semua hasil dari penjualan akan disumbangkan kepada yang membutuhkan.

Itulah serangkaian acara ASCE di SD Kristen Petra 5. Stay safe and God Blees you all.

Semarak HUT Ke-70 PPPK Petra

 Setiap tahun PPPK Petra memperingati HUT dengan berbagai acara yang spektakular. Kali ini, perayaan diadakan dengan cara yang sederhana dan tetap berkesan walaupun di rumah saja. PPPK Petra mengadakan lomba - lomba virtual, seperti lomba Cipta dan Baca Puisi untuk siswa dan Guru, Best Supporters, English Speech Competiton, Vocal Group, Membuat Artikel, dan masih banyak lagi. Lomba diikuti oleh setiap perwakilan sekolah sesuai dengan bakat masing- masing. Partisipasi peserta dan dukungan para supporter menambah keseruan lomba. Mereka berusaha memberikan yang terbaik.

image_003.jpgimage_006.jpgimage_005.jpgimage_004.jpgimage_002.jpgimage_001.jpg

Sebagai warga PPPK Petra, SD Kristen Petra 5 ikut menyemarakkan lomba virtual dengan mengikuti semua lomba. Dari sekian banyak lomba yang sudah terlaksana adalah Lomba Cipta dan Baca Puisi untuk siswa dan karyawan, serta Lomba Best Supportes yang diadakan pada tanggal 8 Februari 2021 sedangkan lomba puisi guru diadakan pada tanggal 11 Februari 2021.

Seluruh peserta lomba membawakan puisi hasil karya sendiri dengan penuh penghayatan. Penampilan mereka pun sungguh luar biasa dan mempesona. Seperti dalam ungakapan bahwa “hasil tidak akan mengkhianati usaha”, berkat usaha dan latihan keras para peserta sehingga untuk lomba Best Supporters siswa SD Kristen Petra 5 meraih juara 1, Lomba Cipta dan Baca Puisi siswa meraih juara harapan 3 yaitu Kezia Veronica Sutanto dengan judul “Petra Seteguh Karang”, serta Lomba Cipta dan Puisi guru diraih oleh Mr. Juventus Madol., M.Psi meraih juara 1 dengan judul puisi “Aku Diantara Waktu dan Penantian”.

Nah, itulah teman-teman beberapa rangkaian kegiatan HUT ke-70 PPPK Petra, dan masih banyak lagi lomba dan acara yang akan dilaksanakan. Jadi jangan sampai ketinggalan ya, stay tune and stay healthy. Happy Birthday PPPK Petra, Blessed to be Blessing.

Tuhan Beserta Kita

We wish you are Merry Christmas…
We wish you are Merry Christmas…
We wish you are Merry Christmas and Happy New Year.

image_003.jpgimage_005.jpgimage_004.jpgimage_002.jpgimage_001.jpg

Hai, teman-teman bagaimana kabarnya? Saya percaya pasti semuanya dalam keadaan yang sehat karena sebentar lagi kita akan merayakan hari kelahiran Tuhan Jesus. Teman-teman, setiap tahun kita merayakan hari Natal bersama di sekolah, tapi tahun ini berbeda karena kita belum bisa bertemu secara langsung. Nah, tema-teman tidak usah khawatir walaupun tidak bisa bertemu secara langsung kita masih bisa merayakan Kebaktian Natal dengan meriah secara online melalui Zoom Meeting.  

Teman-teman, Kebaktian dan Perayaan Natal di SD Kristen Petra 5 dilaksanakan pada hari Rabu, 15 Desember 2020, pukul 08.00-10.00 WIB. Dengan tema “Tuhan Beserta Kita” dengan pembicara Ibu Susanna Kurniawan, S.Th. Tema Natal ini bermakna bahwa tantangan pada kehidupan yang kita hadapi saat ini bisa kita lalui melalui penyertaan Tuhan yang selalu sempurna dan nyata dalam kehidupan kita. Bukti nyatanya adalah tak terasa sudah satu semester lebih segala kegiatan belajar mengajar dilaksanakan melalui aplikasi Zoom termasuk Kebaktian dan Perayaan Natal tahun ini. Semuanya bisa kita lalui karena Tuhan selalu menyertai kita.

Perayaan Natal dikemas dalam sebuah video yang telah diedit dengan menarik. Siswa-siswi pun ikut berpastisipasi menampilkan talenta mereka yang dikirim melalui rekaman video. Seperti pujian natal yang dibawakan oleh Jesslyn, Myisha, Revayah dan Jayden. Selain itu dari James, Seila, Ricco dan Kezia membawakan sebuah pantun Natal yang indah. Selanjutnya penampilan dari Ivan yang membawakan lagu natal dengan bermain solo drum. Perayaan ditutup dengan pesan dan kesan dari beberapa siswa tentang perayaan Natal tahun ini yang diadakan dengan Zoom Meeting. Mereka tetap berkesan dan dapat merasakan kasih Kristus dalam Natal tahun ini walaupun pelaksanaannya secara online.

BEBRAS 2020: Boleh dari rumah - Diatur Sekolah

Hai…teman-teman, apakah kalian mengikuti kegiatan Bebras?

Bebras adalah Kompetisi yang dilakukan setiap tahun secara online melalui computer. Kompetisi ini diadakan pertama kali di negara Lithuania oleh Prof. Valentina Dagiene dari University of Vilnus pada tahun 2004. BEBRAS sendiri adalah istilah dalam Bahasa Lithuania “beaver” (berang- berang). Bebras dipilih sebagai symbol tantangan (challenge), karena hewan beaver berusaha keras untuk mencapai target secara sempurna dalam aktivitasnya sehari- hari.

bebras 1

Nah, tahun ini walaupun dalam situasi pandemi, BEBRAS tetap hadir dengan tema ‘Boleh dari Rumah- Diatur Sekolah.’ BEBRAS 2020 kali ini juga bekerjasama dengan Universitas Kristen Petra Surabaya (UKP). Tema ini mewakili situasi saat ini ya teman-teman, walaupun kita harus tetap stay di rumah tapi kita masih bisa mengikuti kegiatan dan lomba yang menyenangkan, salah satunya BEBRAS. Mengikuti kompetisi BEBRAS, anak dapat belajar hal baru di luar pelajaran sekolah, yaitu kemampuan berpikir logika. Selain itu anak dapat dikenalkan dengan dasar- dasar informatika. Pelaksanaan BEBRAS tahun ini berbeda karena Tantangan BEBRAS dilaksanakan dari rumah, sehingga anak juga belajar bahwa kejujuran lebih penting dari pada kemenangan.

Bebras 2

Naahh, tantangan BEBRAS dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober dan 7 November 2020 pukul 13.00 – 15.00 WIB, dengan jumlah peserta kurang lebih 180 peserta. Sebelum kompetisi BEBRAS dilaksanakan, ada 2 pertemaun yang harus diikuti oleh peserta.  Pertemuan pertama yaitu cara membuat akun untuk login ke kumpulan soal dan membahas beberapa soal. Pertemuan kedua, membahas kumpulan soal yang telah dikerjakan bersama sama. Peserta diajarkan menjawab soal bentuk uraian yang dilengkapi dengan gambar yang menarik, soal- soal yang terkait pada konsep tertentu dalam informatika dan computational thinking. Kompetisi ini mengajarkan kita untuk menunjukkan sikap kerja keras seperti beaver di dalam kehidupan sehari- hari. Nah, teman-teman semoga menginspirasi dan selamat mencoba Kompetisi Bebras tahun depan. Stay healthy & God bless you.

Bebras 3

Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati

Suasana riuh terdengar di pagi hari, sangat berbeda dari biasanya. Ratusan siswa nampak diantar oleh orang tua datang ke sekolah SD Kristen Petra 5 Surabaya. Ada yang datang dengan wajah takut, tegang, ada yang ceria dan tertawa. Lho…ada apakah ini? Bukankah kita masih menjalani sekolah daring? Mengapa mereka ke sekolah? Hayo, pasti penasaran kan, ada apa ya di sekolah kami? Yuk kita simak ceritanya...

Imun_1.jpegImun_2.jpeg

Pada tanggal 22 Oktober 2020, sekolah kami mengadakan imunisasi untuk seluruh siswa kelas 1 dan para siswi kelas 5 dan 6. Sekolah bekerja sama dengan Puskesmas setempat memberikan imunisasi MR (Measles Rubella) kepada siswa siswi kelas 1, sedangkan untuk siswi kelas 5 & 6 mendapat imunisasi HPV (Human Papillomavirus). Imunisasi dilakukan sesuai dengan protokol Kesehatan dengan jadwal yang telah dibuat. Setiap siswa yang masuk area sekolah wajib menggunakan masker, dicek suhu tubuh, mencuci tangan dan menjaga jarak. Mereka masuk dalam antrian sambil menunggu giliran. Waah, disuntik ya? sakit kah? Lalu untuk apa diberi imunisasi?

Beragam respon muncul ketika siswa-siswi usai mendapat imunisasi. Ada yang mengatakan sakit, ada yang kayak digigit semut. Ada yang tersenyum dan berkata tidak sakit. Ada pula yang menangis karena takut. Meski demikian, semua siswa siswi mengikuti imunisasi dengan baik. Imunisasi diberikan untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh virus. Misalnya, imunisasi MR diberikan untuk mencegah penyakit yang diakibatkan oleh virus campak dan rubella, sedangkan imuniasasi HPV diberikan untuk mencegah penyakit yang diakibatkan oleh virus human papillomavirus. Seperti kata pepatah, “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Kesehatan tubuh adalah harta yang berharga bagi kita. Tidak ada satupun dari kita yang suka dengan penyakit. Jika kita terserang penyakit, kita tidak bisa beraktivitas, tidak bisa sekolah, dan tidak bisa bermain. Tentu saja hal ini tidak menyenangkan bagi kita. Maka dari itu penting bagi kita untuk menjaga kesehatan. Jangan lupa makan yang bergizi, istirahat yang cukup, olahraga teratur dan juga lakukan imunisasi ya.

Ayo teman-teman, mari kita bersama menjaga kesehatan! Salam sehat dari kami siswa siswi SD Kristen Petra 5 Surabaya! Tuhan memberkati kita semua.

boost the values reap the success