| |

Virtual Field Trip- Let’s go to Mini Agrowisata Surabaya

“Wah, tanaman hijau, segar dan buahnya besar- besar yah!”
“Terlihat sejuk dan bahagia sekali hewan- hewan ternak disana!”
“Waoow ada melon yang berbentuk hati!”

virtual_field_trip_4.jpgvirtual_field_trip_2.jpgvirtual_field_trip_1.jpgvirtual_field_trip_3.jpg

Hmmhh, penasaran gaa kira- kira dimana yah kali ini siswa kelas 5, SD Kristen Petra 5 berkegiatan field trip?

Ternyata pada hari Selasa, 20 April 2021 mereka mengadakan acara field trip ke Mini Agrowisata Surabaya. Walaupun field trip yang diadakan masih secara virtual tentunya tidak mengurangi rasa sukacita dan kegembiraan mereka untuk dirayakan bersama melalui aplikasi zoom.

Banyak hal yang dipelajari dari virtual field trip kali ini. Mini Agrowisata letaknya di Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKKP) jalan Pagesangan II no. 56 Surabaya. Ms. Desi, Ms. Sri dan Ms. Vitri tentunya sebagai pemandu field trip seru kali ini. Diawali oleh Ms. Vitri yang mengajak ke area pembibitan anggrek dan tanaman Tanduk Rusa yang diambil di gunung. Ms. Vitri menjelaskan bahwa pembibitan Anggrek bisa menggunakan beberapa media tanam yaitu media tanam lumut, media tanam serabut kelapa, dan media tanam batok arang kayu. Selain itu, ruang tanaman anggrek juga diberi kipas angin agar menjaga kelembapan bunga- bunga anggrek serta tanaman tanduk rusa.

Setelah itu, yukk kita jalan- jalan di kebun TABULAMPOT (Tanaman Buah dalam Pot) di kebun ini bisa belajar bagaimana menanam tanaman- tanaman buah yang bisa ditanaman dalam pot serta belajar tentang macam- macam tanaman toga. Contohnya; tanaman buah sawo, buah belimbing, buah nangka dan lain- lain. Nah, selain itu ada juga tanaman toga yang artinya tanaman obat keluarga. Ternyata, tanaman toga bisa berkhasiat banyak untuk kesehatan. Bapak Sukirno, selaku pengurus di DKKP memberikan penjelasan kegunaan tanaman toga. Daun Gondoruso berkhasiat menurunkan demam, daun Gambang Colok berkhasiat untuk menambah darah, daun Aprika dicampur dengan daun Sirsat direbus berkhasiat untuk mengobati diabetes, dan lainnya lagi.

Lalu jalan ke area kebun buah. Nahh, yang menarik disini ada tanaman melon yang bisa dibentuk hati. Di sebelahnya lagi ada area Aquaponik. Aquaponik adalah media tanam baru yaitu yang mana kolam ikan dan diatas air kolam ikan ditanami tanaman- tanaman seperti beras, tanaman sayur. Tanaman- tanaman tersebut mendapat asupan gizi dan nutrisi dari kotoran- kotoran ikan yang ada di kolam tersebut. Menarik bukan!

Sebagai penutup dari virtual mini agrowisata ini, kita diajak berjelajah di area peternakan bersama Ms. Sri. Di area ini bisa belajar cara beternak yang baik dan benar mulai dari beternak ayam, kelinci, kambing hingga sampai sapi sekalipun. Semuanya menarik untuk dipelajari, kan!!

Tentunya jika kalian ingin beternak dan bertanam disesuaikan juga yah tempat, hewan dan tumbuhan apa yang cocok diternakan atau ditanam dengan tempat tinggal kalian… heehehehhe J

Nahh, itulah keseruan virtual field trip dari SD Kristen Petra 5 bersama siswa- siswa kelas 5. Kesan pesan dari dari siswa kelas 5 adalah mereka terkesan dengan merawat tanaman buah melon yang dibentuk hati dan metode media tanam dengan aquaponik.

Gimana nih, seruu kan virtual field trip kami, semoga pandemi ini lekas berlalu sehingga kita bisa berkunjung dan belajar secara langsung di Mini Agrowisata Surabaya. Salam sehat J

Be Shining

Perayaan kelulusan selalu menjadi momen istimewa dan dinantikan siswa kelas 6. Oleh karena itu acara Graduation selalu diadakan dengan meriah setiap tahunnya yang diikuti oleh seluru siswa dan orang tua. Tahun ini  acara Graduation diselenggarakan dengan sedikit berbeda yaitu dengan cara Virtual, karena kita harus mencegah penyebaran virus Covid-19.

Shine_3.pngShine_2.jpegShine_1.jpeg

Tanggal 21 Juni 2021, SD Kristen Petra 5 Surbaya, menyelenggarakan Virtual Graduation Celebration untuk siswa kelas 6 dengan tema ‘SHINE’. Tema ini seusai dengan Firman Tuhan yang terambil dari Matius 5:16 “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga”. Ayat Alkitab tersebut menjadi dasar perenungan Firman Tuhan yang disampaikan oleh Ms. Marline dan Mr. Alfius.  Melalui perenungan Firman Tuhan ini para siswa diingatkan agar selalu melakukan hal baik di manapun kita berada, sehingga kita dapat menjadi terang bagi setiap orang di sekitar kita. Selain itu, sebagai anak-anak terang, kita akan lebih siap menghadapi tantangan yang ada terutama di jenjang yang lebih tinggi.

Acara selanjutnya adalah penampilan siswa kelas 6, antara lain Ansambel lagu Tanah Airku, paduan suara Glowing Inside, flashmob dance, Tari Nusantara, dan puisi. Melalui penampilan ini, anak-anak diberi kesempatan untuk bekerja sama menampilkan karya yang terbaik. Rangakaian acara terlaksana dengan baik, nampak wajah senang, antusias, dan bangga bercampur haru, terlebih pada saat momen pengalungan medali dari orang tua untuk siswa. Kegiatan ditutup dengan melihat video kaleidoskop yang menampilkan foto kegiatan siswa kelas 6 mulai saat awal masuk sekolah, kelas 1 hingga sampai kelas 6. Sekali lagi selamat kepada siswa kelas 6, jadilah terang di manapun kalian berada. Congraduations students!

Semarak Perayaan HUT ke-70 PPPK Petra

Acara puncak dari rangkaian kegiatan perayaan hari Ulang Tahun ke-70 PPPK Petra telah berlangsung dengan penuh sukacita dan khidmat pada hari Kamis, 22 April 2021 secara Live di instagram @sekolahpetra dengan lebih dari 3500 viewers. Mengusung tema Meraih Masa Depan Melalui Pendidikan yang Holistik, acara dipandu oleh Mr. Garry, dimulai pukul 08.00.

Hut5.jpegHut_4.jpegHut_3.jpegHUt1.jpgHUt2.jpg

Teman-teman, setelah mengikuti acara perayaan melalui live Instagram, SD Kristen Petra 5 juga mempunyai rangkaian acara dalam rangka perayaan HUT ke-70 PPPK Petra. Acara dimulai dengan diadakannya lomba-lomba untuk siswa, seperti lomba Fashion Show, Kreasi Kue dari Snack Bersama Orang Tua, vlog, Tik-tok, dan menyanyi Mars Petra bersama orang tua.

Acara dikemas dengan menarik yang dipandu oleh Mr. Wisnu dan Ms. Sila diawali dengan menyanyi lagu “He’s So Good to Me”. Selanjutnya siswa diajak mendengar firman Tuhan yang dibawakan oleh Mr. Nicholaus yang mengajak kita semua untuk bersyukur karena PPPK Petra masih tetap berdiri dan maju dalam dunia pendidikan di era sekarang ini. Kemeriahan lainnya adalah tampilan siswa pemenang lomba-lomba.  Walaupun secara virtual, namun tidak mengurangi rasa sukacita siswa. Sekali lagi kami segenap warga SD Kristen Petra 5 mengucapkan selamat ulang tahun ke-70 PPPK Petra, semoga menjadi instansi pendidikan yang semakin maju untuk mencetak generasi bangsa di masa depan yang cerah.

Art, Science and Charity Event Rise and Shine with Petra

Art Science and Charity event (ASCE) adalah salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh SD Kristen Petra 5 setiap tahun. Acara ini diselenggarakan secara meriah dengan berbagai macam kegiatan yang disusun untuk diikuti oleh seluruh siswa. Mulai dari Art Exhibition untuk menunjukan hasil karya siswa, games, Science experiment, lomba-lomba, dan yang tidak ketinggalan adalah acara online food. Kegiatan ini bertujuan untuk menunjukan hasil karya siswa kepada orang tua (Art Exhibition, Science Experiment) dan juga mengajarkan siswa untuk berbagi dengan sesama (Charity Event). Biasanya acara berlangsung sangat meriah karena siswa dan orang tua datang bersama ke sekolah.

ASCE_3.jpgASCE_2.jpgASCE_1.jpgASCE-04.jpg

Tahun ini acara Art, Science and Charity Event (ASCE) diselengarakan pada hari Jumat, 12 Maret 2021 dengan tema Rise and Shine with Petra.  Melalui tema ini, kami belajar  bangkit dan tetap bersinar mengembangkan talenta yang kami miliki melalui karya-karya positif dan tetap berkontribusi mengambil bagian meskipun hanya di rumah saja. Mengembangkan talenta yang diberikan Tuhan dengan suka cita untuk kemuliaan-Nya.

Acara Rise and shine with Petra terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan, mulai dari lomba-lomba, seperti Design Tumbler, T-Shirt Painting, Singing Competition (Raise) for 1st grader, dan Vlog Compeition for Kindergarten Kids. Ada juga persembahan talenta yang dimiliki siswa seperti menyanyi, bermain piano, membaca puisi, dan menari. Penampilan khusus yang dikemas dalam judul Virtual Art with 7 Amazing Icons of Art yang terdiri dari 5 siswa SD Kristen Petra 5 bersama Mr.Vrisky dan Mr. Andri. Di sesi ini siswa dapat melihat teman-teman mereka melukis sampai menjadi sebuah karya yang indah. Pada sesi Science Experiment Class, Bapak/Ibu guru melakukan berbagai percobaan yang harus diikuti oleh siswa di rumah, seperti visualisasi magma, kapilaritas, memindahkan air dengan benang, dan estafet air. Terlihat di layar zoom meeting, siswa mengikuti semua acara dengan antusias dan senang.

Selesai acara dengan siswa, dilanjutkan dengan acara D5 Online Food. Sekolah menjual aneka makanan yang dapat dipesan oleh orang tua di rumah. Pemesanan secara online dan makanan diambil secara drive thru, dan semua hasil dari penjualan akan disumbangkan kepada yang membutuhkan.

Itulah serangkaian acara ASCE di SD Kristen Petra 5. Stay safe and God Blees you all.

Semarak HUT Ke-70 PPPK Petra

 Setiap tahun PPPK Petra memperingati HUT dengan berbagai acara yang spektakular. Kali ini, perayaan diadakan dengan cara yang sederhana dan tetap berkesan walaupun di rumah saja. PPPK Petra mengadakan lomba - lomba virtual, seperti lomba Cipta dan Baca Puisi untuk siswa dan Guru, Best Supporters, English Speech Competiton, Vocal Group, Membuat Artikel, dan masih banyak lagi. Lomba diikuti oleh setiap perwakilan sekolah sesuai dengan bakat masing- masing. Partisipasi peserta dan dukungan para supporter menambah keseruan lomba. Mereka berusaha memberikan yang terbaik.

image_003.jpgimage_006.jpgimage_005.jpgimage_004.jpgimage_002.jpgimage_001.jpg

Sebagai warga PPPK Petra, SD Kristen Petra 5 ikut menyemarakkan lomba virtual dengan mengikuti semua lomba. Dari sekian banyak lomba yang sudah terlaksana adalah Lomba Cipta dan Baca Puisi untuk siswa dan karyawan, serta Lomba Best Supportes yang diadakan pada tanggal 8 Februari 2021 sedangkan lomba puisi guru diadakan pada tanggal 11 Februari 2021.

Seluruh peserta lomba membawakan puisi hasil karya sendiri dengan penuh penghayatan. Penampilan mereka pun sungguh luar biasa dan mempesona. Seperti dalam ungakapan bahwa “hasil tidak akan mengkhianati usaha”, berkat usaha dan latihan keras para peserta sehingga untuk lomba Best Supporters siswa SD Kristen Petra 5 meraih juara 1, Lomba Cipta dan Baca Puisi siswa meraih juara harapan 3 yaitu Kezia Veronica Sutanto dengan judul “Petra Seteguh Karang”, serta Lomba Cipta dan Puisi guru diraih oleh Mr. Juventus Madol., M.Psi meraih juara 1 dengan judul puisi “Aku Diantara Waktu dan Penantian”.

Nah, itulah teman-teman beberapa rangkaian kegiatan HUT ke-70 PPPK Petra, dan masih banyak lagi lomba dan acara yang akan dilaksanakan. Jadi jangan sampai ketinggalan ya, stay tune and stay healthy. Happy Birthday PPPK Petra, Blessed to be Blessing.

boost the values reap the success