| |

Menghitung Debit Air

Hai teman-teman!!

DEBIT1

Pernahkan kalian mendengar istilah debit air? Debit air adalah volume air yang mengalir dalam satuan waktu ( liter/ detik, liter/ menit , m3/jam dan sebagainya ) . Satuan debit biasanya digunakan untuk menentukan volume air yang mengalir dalam suatu satuan waktu. Dalam kehidupan sehari-hari istilah debit sering digunakan untuk pengawasan kapasitas air di sungai, bendungan atau waduk agar senantiasa terkendali. Untuk memahami materi debit air, siswa siswi kelas V SD Kristen Petra 5 Surabaya melakukan percobaan menghitung debit air. Kegiatan ini dilakukan pada hari Jumat, 20 September 2019. Bagaimana caranya? Yuk kita simak!

DEBIT2

DEBIT3

Dalam melakukan percobaan ini, tiap-tiap siswa perlu menyiapkan bahan dan peralatan, antara lain botol air mineral ukuran 600 ml yang telah dilubangi bagian tutupnya, gelas ukur, stopwatch dan alat tulis. Setelah menyiapkan peralatan, siswa mengisi air ke dalam botol mineral dengan volume yang sama. Dalam setiap kelompok, ada seorang siswa yang menjadi time keeper yang akan menghitung waktu. Secara bersamaan, siswa mengalirkan air dari dalam botol menuju gelas ukur yang tersedia sampai air yang ada di dalam botol habis. Para siswa diminta untuk mengamati air yang mengalir sambil mencatat waktu yang tertera pada stopwatch. Selesai mencatat, tiap-tiap kelompok mendiskusikan hasil pengamatan lalu menghitungnya dengan rumus debit air. Kegiatan ini ditutup oleh guru dengan cara memberikan pengertian debit serta menghubungkan dengan volume dan waktu. Ternyata belajar debit itu sangat mudah dan mengasyikan. Ayo teman-teman silakan mencoba!

Make a Healthy Food

wirausaha_2.jpgwirausaha_4.jpgwirausaha_3.jpgwirausaha_1.jpg

Pada hari Kamis, 8 Februari 2019,  siswa-siswi kelas VI SD Kristen Petra 5 melakukan  kegiatan wirausaha yaitu memasak makanan sehat. Bahan-bahan  sup sehat yang terdiri dari sayuran, kentang, wortel, daging, baso dan beberapa bahan lainnya telah kami siapkan. Semua bahan yang dipakai tentunya merupakan bahan-bahan yang sehat bagi tubuh.

Dalam kegiatan tersebut kami dibagi  4 kelompok kemudian kami bekerja sama dalam membagi tugas dan melaksanakannya dengan adil. Proses pembuatan sup sehat ini tergolong mudah dan cepat. Langkah pertama bumbu ditumis sampai harum kemudian masukkan ke air yang sudah mendidih. Masukkan daging , baso ,udang, telur puyuh dan lain-lain , tunggu beberapa saat kemudian masukkan sayuran. Jangan lupa tambahkan garam, gula, merica agar sup semakin lezat. Tunggu hingga matang dan sup sehat siap untuk disajikan.

Panen Pertamaku

sawi_4.jpgsawi_3.jpgsawi_1.jpgsawi_2.jpg

Hooorrrreeeeee….., begitu teriakan anak-anak kelas V saat pelajaran IPA praktikum.  Kesan senang ditambah rasa ingin tahu  membuat siswa kelas V sudah tidak  sabar untuk memanen sawi yang 2 bulan lalu mereka tanam.  Anak –anak kelas V SD Kristen Petra 5 pada bulan Desember tahun lalu praktik menanam sawi dengan media tanam air /hidroponik,  seru dan heboh saat itu. Penyiapan media tanam, mulai dari pembibitan, penanaman / pemindahan  bibit sawi ke media  air dalam bentuk  paralon dengan lubang – lubang kecil , perawatan, sampai pada langkah yang terakhir yaitu pemanenan.

Pelatihan Dokter Kecil

dokcil 1 dokcil 2

Pada hari Kamis, 21 Februari 2019 pukul 08.00-10.00,  dua siswa kelas IV SD Kristen Petra 5 mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan pelatihan dokter kecil di aula Kecamatan Sukolilo yang dihadiri oleh 10 Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Sukolilo dan masing-masing SD mengirimkan 2 siswa, kedua siswa tersebut adalah Adriel Chevy Januarto kelas IVD dan Yemima Mozelle Putri Hasanudin kelas IVD.

Kami mendapatkan materi tentang P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan), pertolongan pada anak yang mimisan, serta pertolongan pertama pada anak kecil yang tersedak. Kami juga praktik langsung bagaimana cara membalut dengan menggunakan mitela dan bidai pada anak yang patah tulang, serta menolong anak yang tersedak.

 Para siswa sangat senang karena mereka dapat langsung melakukan praktek P3K, hal ini merupakan pengetahuan dan pengalaman yang sangat berharga. Semoga dapat diterapkan di lingkungan sekolah maupun di rumah. Semangaat ...!!!

 

Para Pejuang yang Luar Biasa

pejuang_1.JPGpejuang_3.JPGpejuang_2.JPG

Rabu, 5 November 2018 menjadi hari yang mengesankan bagi kami para siswa kelas V-VI SD Kristen Petra 5 Surabaya. Ya, kami sangat senang karena hari itu kami berkesempatan untuk bertemu serta mendengarkan cerita dan  pengalaman yang luar biasa dari para Veteran Republik Indonesia yang datang ke sekolah kami.

Kami kedatangan empat orang veteran yang memiliki semangat  juang yang sangat luar biasa. Hari itu kami diajak untuk bernyanyi bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan sikap sempurna dengan tujuan agar kita bangga sebagai bangsa Indonesia yang telah merdeka. Kami juga diajak untuk menyanyikan lagu-lagu Nasional lainnya seperti Padamu Negeri, Hari Merdeka, Satu Nusa Satu Bangsa. Kami semua bernyanyi dengan semangat dan sukacita. Kami  mendengarkan pengalaman para veteran dalam memperjuangkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia, kami juga diberi kesempatan untuk bertanya tentang berbagai hal yang berkaitan dengan perjuangan melawan penjajah. Kami sangat kagum dengan perjuangan mereka.

boost the values reap the success