| |

Virtual Scout Camp: SALAM PRAMUKA!

Hallo, teman-teman! Berjumpa lagi dengan kami yang akan berbagi cerita dan pengalaman seputar Virtual Scout Camp SD Kristen Petra 5.

Kegiatan pramuka tahun ini diadakan selama dua hari, Selasa-Rabu tanggal 8-9 Juni 2021 secara virtual melalui Zoom Meeting. Acara dikemas dengan baik sehingga siswa-siswi Penggalang kelas IV tetap bisa merasakan keseruan acara Vitual Scout Camp.  Oh iya teman-teman, dalam kegiatan Pramuka, siswa dipanggil ‘Adik’, dan guru dipanggil ‘Kakak’.

WhatsApp_Image_2021-06-18_at_3.52.50_PM.jpegWhatsApp_Image_2021-06-18_at_4.45.07_PM.jpegWhatsApp_Image_2021-06-18_at_3.44.42_PM.jpegWhatsApp_Image_2021-06-18_at_3.52.26_PM.jpeg

Hari pertama, Rabu 8 Juni 2021 pukul 11.00, acara dimulai dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Kak Kimiati selaku Kakak Pembina, dan dilanjutkan dengan kegiatan lain, seperti Virtual Master Chef, The Sprouting Coconut, dan Self-Motivation. Adik-adik pengggalang kelas IV sangat antusias dan aktif mengikuti setiap kegiatan, khususnya saat mereka diminta untuk menunjukan hasil kreasi makanan dalam kegiatan Virtual Master Chef.

Hari kedua, Kamis 9 Juni 2021, kegiatan dimulai pukul 08.00, diawali dengan senam yang dipimpin oleh Kak Yanuar. Setelah itu siswa dibagi dalam kelompok sesuai dengan regu Pramuka, dan dimasukkan ke breakout room untuk mengikuti permainan bersama kakak Pembina seperti; Spider-Man, Detective Conan, James Bond dan permainan seru lainnya. Virtual Scout Camp diakhiri dengan upacara penutup yang dipimpin oleh Kak Erna selaku kakak Pembina dan penyematan Lencana Penggalang secara simbolis yang diwakili oleh dua siswa kelas IV, yaitu Adik Andres dan Adik Fanni.

 “Anggota pramuka tak akan pernah mengenal kata menyerah dan selalu riang gembira, pantang putus asa. Itulah jiwa seorang pramuka sejati”, seperti kutipan tersebut, adik-adik Penggalang diharapkan mempunyai jiwa mandiri, pantang menyerah, dan selalu bergembira dalam kehidupan sehari-hari. Salam Pramuka!!

Cannot find sekolah/sd_petra_5/pembelajaran/2021/kenjeran subfolder inside /home/pppkpet1/public_html/subdomain/sdpetra5/images/sekolah/sekolah/sd_petra_5/pembelajaran/2021/kenjeran/ folder.
Admiror Gallery: 5.2.0
Server OS:Apache
Client OS:Unknown
PHP:7.3.29

VIRTUAL FIELD TRIP: Mengenal Masyarakat di Pesisir Pantai Kenjeran

Tidak terasa pandemi covid-19 sudah kita rasakan selama 1 tahun. Kita harus bekerja, belajar dan beribadah di rumah untuk mencegah penyebaran covid-19. Pepatah mengatakan, “ada banyak jalan menuju Roma”, artinya ada banyak cara untuk meraih sesuatu asalkan kita mau berusaha. Seperti kegiatan Field trip yang dilakukan secara virtual adalah salah satu cara kami untuk lebih memamahami pembelajaran secara nyata.

Virtual field trip kelas 4, siswa diajak oleh para guru berkunjung ke Pantai Kenjeran. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 16 April 2021. Tidak hanya mengenal keindahan alam Pantai Kenjeran saja, tetapi kami mengenal kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat sekitar pantai. Teman-teman, apakah kalian tahu kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat pantai? Orang-orang yang tinggal di pesisir pantai biasanya melakukan kegiatan menangkap ikan atau yang sering disebut sebagai nelayan. Sumber daya alam yang tersedia membawa manfaat secara ekonomi. Selain pemandangan pantai Kenjeran yang indah, terdapat juga pasar Sentra Ikan Bulak yang menjual hasil laut, seperti ikan. Tidak hanya berupa ikan segar, tetapi produk olahan ikan juga ada, seperti ikan asap, ikan asin, kerupuk ikan. Di Pantai Kenjeran kita juga bisa melihat langsung orang-orang yang sedang mengolah ikan asap. Berikutnya, kami berkunjung ke sentra pengrajin kerang. Di tempat ini kalian bisa membeli oleh-oleh aksesoris atau hiasan yang terbuat dari kerang.

Dari kegiatan field trip, kami belajar bahwa alam yang ada di sekitar kita ternyata dapat mendatangkan berkat bagi kehidupan kita. Maka dari itu, kita patut bersyukur ya teman-teman karena Tuhan sudah menganugerahkan alam kepada kita semua. Ayo, kita jaga kelestariannya.

Ayo Lindungi Tubuhmu!

Halo teman-teman semuanya, apa kabar? Semoga kalian sehat selalu ya.. 

Ayo_3.JPGAyo_2.JPGAyo_1.JPGAyo_4.jpeg

Perkenalkan nama saya Livinia dari kelas 4D SD Kristen Petra 5 Surabaya. Pada kesempatan kali ini, saya ingin bercerita kepada teman-teman semua.

Pada tanggal 20-21 Januari 2021, saya bersama seluruh teman-teman di kelas 4 mendapatkan pengalaman baru melalui kegiatan ceramah siswa, yaitu belajar tentang bahaya NAPZA dan juga proses tumbuh kembang tubuh kita ketika memasuki masa pubertas. Di hari pertama, kami mendengarkan penjelasan dari Ibu Niken Mahendra mengenai NAPZA dan juga cara pencegahannya. Melalui materi ini, kami diingatkan bahwa NAPZA dapat merusak masa depan karena ketika kita menggunakan NAPZA, kita tidak bisa bersekolah dan belajar dengan baik. NAPZA juga dapat merusak kesehatan bagi tubuh bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Ibu Niken menjelaskan, biasanya orang yang menggunakan NAPZA itu dikarenakan memiliki masalah pribadi, memiliki rasa tidak percaya diri dan ikut-ikutan orang lain. Agar kita tidak terjerumus dalam penggunaan NAPZA, kita harus menjaga diri agar tidak mudah terbujuk orang lain. Jika kita memiliki masalah pribadi segera mencari pertolongan kepada orang yang bisa dipercaya seperti orang tua, keluarga ataupun guru yang ada di sekolah.

Hari berikutnya, siswa dan siswi dipisah untuk mendengarkan materi dari dr. Titik. Saya dan teman-teman mendengarkan dengan antusias. Penjelasan yang diberikan dr. Titik ini melengkapi penjelasan yang biasanya hanya saya dapatkan dari mama. Saya jadi mengetahui tentang perubahan-perubahan yang akan terjadi pada fisik saya pada masa pubertas.  Tidak hanya itu saja, dr.Titik juga memberi penjelasan mengenai area pribadi yang harus dilindungi dari orang lain. Area tersebut adalah area yang tertutup oleh pakaian. dr.Titik menjelaskan juga cara merawat dan menjaga kebersihan tubuh kita dengan cara cara yang tepat, seperti menggunakan pakaian dalam yang sesuai dan membersihkan area pribadi dengan benar. Melalui pembelajaran ini, saya bisa mempersiapkan diri menghadapi perubahan - perubahan dalam diri saya dan saya berharap teman-teman pun juga bisa.

Mari teman-teman untuk lebih memahami, mencintai, dan merawat diri dengan baik, tidak menggunakan NAPZA serta siap menghadapi masa pubertas sesuai dengan firman Tuhan yang berbunyi “Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat (Efesus 5:29). Thank you dr. Titiek dan Ibu Niken. Ayo teman-teman, kita lindungi diri kita!

Bible Class: Berkarya Dalam Jaringan

Syalom teman-teman yang terkasih…

Kami dari SD Kristen Petra 5 Surabaya ingin bercerita, yuk kita simak bersama.

Pada hari Rabu-Kamis, 11-12 November 2020, sekolah kami mengadakan kegiatan Bible Class dengan tema Berkarya Dalam Jaringan.

bible class 1

Kegiatan ini diikuti oleh semua siswa kelas 5. Kegiatan diawali dengan ibadah, kemudian dilanjutkan dengan berbagai sesi. Di setiap sesi kami di damping oleh Bapak/Ibu guru, dan kami juga belajar bersama bapak Bapak Pdt. Yoses Rezon dari GKI Sidoarjo dan Pdt. Danny Nobret dari GKI Emaus. Melalui Bible Class ini kita di ajak belajar bahwa kita berharga di mata Tuhan. Tuhan telah memberikan kita bakat dan talenta kepada setiap manusia. Sebab itu penting untuk mengenali bakat dan talenta yang kita miiliki sehingga kita bisa berkarya dan memuliakan nama Tuhan. Selain mengikuti sesi dari bapak pendeta, ada kegiatan yang tidak kalah seru yaitu games menarik yang diikuti para siswa. Melalui games tersebut pengetahuan kami tentang Alkitab semakin bertambah. Kegiatan ini membuat kita merasa fresh di tengah-tengah pembelajaran daring yang membatasi ruang gerak kita.

bible class 2

 Di akhir kegiatan, ditutup dengan kegiatan refleksi dan komitmen. Pada sesi ini, kami saling berbagi cerita pengalaman yang didapatkan selama mengikuti Bible Class. Kami senang karena kami dapat berbagi cerita dengan teman-teman.

Ini lah cerita kami, sampai jumpa dicerita berikutnya. Stay healthy & God Bless You friends.

Virtual Field Trip - Grade 2 Goes to Ekowisata Mangrove

Hai anak-anak….
Bagaimana kabarnya hari ini? Miss harap semuanya dalam keadaan baik dan dalam lindungan Tuhan. Hari ini Ms akan mengajak kalian untuk berkunjung ke tempat wisata. Ada yang tahu kah kita sedang berada di mana?

Begitulah sapaan hangat dari Miss Putri guru kelas 2 B kepada murid-murid kelas 2 SD Kristen Petra 5 Surabaya. Hari Kamis 22 Oktober 2020 menjadi hari yang spesial bagi siswa kelas 2 karena melaksanakan field trip ke tempat wisata. Tapi jangan khawatir karena field trip kali ini dilakukan secara virtual menggunakan zoom meeting.

fieldtrip_1.pngfieldtrip_2.jpeg

Kegiatan Virtual Ekowisata Mangrove dimulai pukul 08.00. Siswa kelas 2 sudah siap dengan dresscode kaos berwarna merah, biru, hijau dan kuning.  Virtual field trip dimulai dengan video perjalanan ke Ekowisata Mangrove. Dalam video tersebut guru bergantian menjelaskan tentang Ekowisata Mangrove. Ditempat ini, siswa belajar tentang tanaman mangrove atau bakau, fungsi dari pohon bakau bagi lingkungan sekitar tepi pantai yaitu membantu mengurangi abrasi di pantai. Akar tanaman yang besar, kuat dan banyak berfungsi untuk menyaring air laut yang berlumpur dan mengurai zat yang berbahaya yang akan merusak laut, selain itu juga membantu perekonomian nelayan dan warga di sekitar pantai.

Di Ekowisata Mangrove terdapat area jogging track, spot foto, juga dermaga perahu. Kita dapat menyusuri sungai menggunakan perahu dengan pemandangan yang indah sepanjang sungai seperti tumbuhan bakau, dan burung-burung yang bertengger di pohon bakau. Melalui Ekowisata Mangrove ini kami menyadari betapa pentingnya menjaga kelesatarian lingkungan sekitar. Mari teman-teman kita berkomitmen untuk menjaga lingkungan kita!

boost the values reap the success