| |

Aku dan Tubuhku

AKU TUBUHKU 1

Hai, teman-teman…! Apa kabar? Semoga sehat selalu, ya...! Kami, siswa-siswi kelas IV SD Kristen Petra 5, ingin berbagi kisah dengan teman-teman semua. Pada tanggal 20 Januari 2020, kami mendapatkan pengetahuan baru, yaitu mengenal pendidikan seks dan napza melalui ceramah yang dibawakan oleh Ibu Niken Mahendra dan dr. Agustinus Budi Santosa. Pembelajaran ini sangat berguna bagi kami, karena melalui materi yang  disampaikan kami mengetahui cara-cara untuk merawat dan menjaga tubuh kami sendiri. Apa saja sih yang disampaikan? Yuk, kita simak ceritanya.

Pada sesi pertama, kami mendapatkan materi tentang pendidikan seks. Materi dibagi berdasarkan jenis kelamin. Siswa laki-laki mendapat penjelasan dari dr. Agustinus Budi Santosa, sedangkan siswa perempuan mendapat penjelasan dari Ibu Niken Mahendra. Tampak wajah antusias dan penasaran ketika dijelaskan mengenai anggota tubuh yang terkait dengan kesehatan seksual. Penceramah juga menjelaskan, bahwa setiap diri kita memiliki area pribadi yang harus kita rawat dan jaga. Area pribadi adalah bagian anggota tubuh yang tertutupi oleh pakaian. Kita juga dijelaskan agar tidak dengan mudah membiarkan orang lain untuk melihat ataupun menyentuh area pribadi kita.

AKU TUBUHKU 2

Pada sesi yang kedua, kami mendapatkan penjelasan tentang napza. Ini merupakan pengalaman pertama bagi kami, sehingga membuat kami penasaran dan antusias. Napza adalah akronim dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif. Napza juga disebut narkoba atau narkotik dan obat-obat terlarang. Napza merupakan obat-obatan yang telah disalahgunakan oleh penggunanya. Pemakaian napza dapat berakibat merusak kesehatan tubuh, serta bisa merusak masa depan penggunanya. Orang-orang yang menggunakan napza tidak dapat berpikir dengan jernih, sehingga  cenderung memiliki masalah, baik itu pada diri sendiri maupun dengan orang lain.

Nah, teman-teman… melalui pembelajaran ini, kami diingatkan bahwa tubuh kita ini berharga. Tuhan telah menganugerahkan tubuh yang sehat dan kuat, tentu dengan tujuan yang mulia dan baik.  Oleh karena itu, kami mau mengajak teman-teman semua… mari kita rawat tubuh kita, dan juga jauhi narkoba!

boost the values reap the success