| |

Ayo Lindungi Tubuhmu!

Halo teman-teman semuanya, apa kabar? Semoga kalian sehat selalu ya.. 

Ayo_3.JPGAyo_2.JPGAyo_1.JPGAyo_4.jpeg

Perkenalkan nama saya Livinia dari kelas 4D SD Kristen Petra 5 Surabaya. Pada kesempatan kali ini, saya ingin bercerita kepada teman-teman semua.

Pada tanggal 20-21 Januari 2021, saya bersama seluruh teman-teman di kelas 4 mendapatkan pengalaman baru melalui kegiatan ceramah siswa, yaitu belajar tentang bahaya NAPZA dan juga proses tumbuh kembang tubuh kita ketika memasuki masa pubertas. Di hari pertama, kami mendengarkan penjelasan dari Ibu Niken Mahendra mengenai NAPZA dan juga cara pencegahannya. Melalui materi ini, kami diingatkan bahwa NAPZA dapat merusak masa depan karena ketika kita menggunakan NAPZA, kita tidak bisa bersekolah dan belajar dengan baik. NAPZA juga dapat merusak kesehatan bagi tubuh bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Ibu Niken menjelaskan, biasanya orang yang menggunakan NAPZA itu dikarenakan memiliki masalah pribadi, memiliki rasa tidak percaya diri dan ikut-ikutan orang lain. Agar kita tidak terjerumus dalam penggunaan NAPZA, kita harus menjaga diri agar tidak mudah terbujuk orang lain. Jika kita memiliki masalah pribadi segera mencari pertolongan kepada orang yang bisa dipercaya seperti orang tua, keluarga ataupun guru yang ada di sekolah.

Hari berikutnya, siswa dan siswi dipisah untuk mendengarkan materi dari dr. Titik. Saya dan teman-teman mendengarkan dengan antusias. Penjelasan yang diberikan dr. Titik ini melengkapi penjelasan yang biasanya hanya saya dapatkan dari mama. Saya jadi mengetahui tentang perubahan-perubahan yang akan terjadi pada fisik saya pada masa pubertas.  Tidak hanya itu saja, dr.Titik juga memberi penjelasan mengenai area pribadi yang harus dilindungi dari orang lain. Area tersebut adalah area yang tertutup oleh pakaian. dr.Titik menjelaskan juga cara merawat dan menjaga kebersihan tubuh kita dengan cara cara yang tepat, seperti menggunakan pakaian dalam yang sesuai dan membersihkan area pribadi dengan benar. Melalui pembelajaran ini, saya bisa mempersiapkan diri menghadapi perubahan - perubahan dalam diri saya dan saya berharap teman-teman pun juga bisa.

Mari teman-teman untuk lebih memahami, mencintai, dan merawat diri dengan baik, tidak menggunakan NAPZA serta siap menghadapi masa pubertas sesuai dengan firman Tuhan yang berbunyi “Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat (Efesus 5:29). Thank you dr. Titiek dan Ibu Niken. Ayo teman-teman, kita lindungi diri kita!

boost the values reap the success