| |

Challenge Aku & Kebiasaan Baik Ku

challenge aku dan kebiasaan baiku

Selama wabah virus corona atau covid-19 menginfeksi Indonesia, banyak perubahan terjadi dalam kehidupan kita, terutama dalam hal pembelajaran sekolah. Saat ini kita diharuskan untuk melakukan kegiatan belajar di rumah. Meskipun kondisi telah mengubah rutinitas kita, tetapi ada satu hal yang tetap bisa kita lakukan yaitu berbuat kebaikan. Nah, kali ini SD Kristen Petra 5 Surabaya mengadakan kegiatan challenge Aku dan Kebiasaan Baikku. Melalui kegiatan ini, seluruh siswa diajak untuk belajar melakukan kegiatan yang mendatangkan kebaikan selama di rumah. Ada berbagai cara untuk melakukan kebaikan di rumah, yaitu membantu orang tua melakukan pekerjaan rumah, seperti membersihkan rumah, menyetrika dan juga memasak. Kegiatan ini dilakukan setiap hari, sehingga pada akhirnya menjadi sebuah kebiasaan. Nah berikut ini, teman kita yang bernama Sharon Yukina dari kelas VIA akan membagikan ceritanya selama melakukan kegiatan tersebut. Yuk... kita simak.

Selama program “ learn from home “ awalnya saya merasa senang karena terbebas dari kegiatan rutinitas sekolah yang harus bangun pagi dan belajar untuk ulangan, tapi ternyata hal tersebut lama-lama menjadi membosankan karena saya tidak bisa pergi jalan-jalan, tidak bisa bermain dengan teman. Untungnya mama dan sekolah memberi tugas kegiatan yang bisa saya lakukan sehari-hari sehingga hal tersebut bisa menjadi kebiasaan yang menyenangkan dan membuat saya menjadi lebih mandiri. Beberapa hal yang menjadi kegiatan rutin saya sekarang ini yaitu, mencuci peralatan makan, membersihkan meja makan, menyapu dan mengepel kamar, membantu mama mencuci dan menjemur baju, menyetrika baju dan menata ke dalam lemari, dan membantu mama memasak.

Saya merasa senang melakukan tugas-tugas tersebut walau awalnya saya merasa malas , jengkel , marah dan capek tapi mama selalu menasihati bahwa jika dilakukan dengan hati senang maka semua yang dilakukan akan terasa ringan dan akan menjadi bekal saat kelak dewasa .

Dari semua kegiatan di atas yang terasa agak sulit adalah saat belajar menyetrika baju , tapi saya diajari oleh mama untuk menyetrika baju yang mudah dulu.

Kegiatan-kegiatan tersebut harus rutin saya lakukan supaya bisa menjadi suatu kebiasaan, agar kelak ketika sudah dewasa menjadi anak yang mandiri , karena kemandirian dibentuk dari  mengerjakan hal-hal sederhana , demikian nasihat mama.

Dari rutinitas kegiatan tersebut saya menjadi ada aktifitas sehingga tidak membuat bosan saat berada di rumah dalam waktu yang lama. Badan menjadi tetap sehat karena ada aktifitas olahraga juga.

Demikian cerita dari saya, semoga covid-19 segera berlalu dan saya bisa kembali sekolah dan bermain bersama teman-teman. Terima kasih .

boost the values reap the success