| |

Mengkompos Sampah demi Lingkungan dan Kesehatan

Mengkompos 1

Hai, teman-teman apa kabar?... kita bertemu kembali, kali ini SD Kristen Petra 5 akan berbagi cerita tentang pembuatan pupuk kompos dari sampah organik. Kita tahu bahwa sampah banyak ditemui di mana saja, untuk mengurangi sampah khususnya sampah organik di sekolah, salah satu cara dapat dilakukan melalui pengomposan dengan menggunakan tong  komposter yang bagian bawahnya berlubang. Komposter dapat berupa tong sampah plastik atau kotak semen yang dapat dibuat dan dimodifikasi sendiri. Bagian dalam komposter memiliki instalasi untuk sirkulasi udara sehingga dapat membantu proses pengomposan dan mempercepat proses penguraian sampah. Selain itu, komposter juga mampu menjaga kelembapan dan suhu sehingga bakteri dan jasad renik dapat bekerja mengurai bahan organik secara optimal. Bahan dasar kompos adalah sampah organik, seperti sayuran, daun, dan ranting melalui proses penguraian oleh mikroorganisme tertentu.

Hari Jumat, 14 Februari 2020, bapak ibu guru mengajak beberapa siswa- siswi kelas IV-V SD Kristen Petra 5 untuk mempraktikkan cara mengolah sampah organik menjadi kompos dengan menggunakan tong komposter. Nah, penasaran bagaimana prosesnya? Yuk, kita simak penjelasan berikut!

Mengkompos 2

Untuk membuat pupuk kompos, siswa mengambil sampah organik seperti daun-daunan, kulit buah, sisa sayuran atau sampah yang mudah terurai kemudian disimpan dalam wadah tong komposter. Sampah mulai  dimasukkan dalam tong komposter, sampah daun-daunan yang lebar bisa dipotong-potong menjadi bagian yang lebih kecil agar nantinya mudah terurai lalu kita beri air secukupnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, beberapa hari sekali sampah- sampah tersebut harus dicek dan diaduk-aduk. Setelah  1-3 bulan diendapkan maka   akan menjadi  pupuk  padat yang dapat digunakan untuk menutrisi tanaman-tanaman yang ada di sekolah, sehingga tidak digunakan lagi pupuk dari bahan kimiawi.

Melalui kegiatan ini diharapkan siswa bisa menjadi pelopor untuk menjaga dan mengolah sampah agar tercipta suasana yang nyaman dan bersih di sekolah dan di lingkungan tempat tinggal.

boost the values reap the success