| |

Pencegahan Nyamuk dengan Larvitrap

Saat ini kita sudah masuk pada musim hujan. Musim hujan bisa membuat lingkungan di sekitar rumah kita menjadi lembap. Tempat yang lembap, biasanya menjadi tempat bagi nyamuk untuk hidup dan berkembang biak. Dengan adanya nyamuk yang banyak, pastinya membuat kita tidak nyaman. Selain membuat kulit kita bentol, gigitan nyamuk juga bisa membawa berbagai penyakit, misalnya demam berdarah, malaria, ataupun penyakit kulit seperti iritasi dan gatal-gatal.

Nyamuk 1

Salah satu cara pencegahan yang bisa kita lakukan melalui metode pemasangan larvitrap. Larvitrap merupakan perangkap nyamuk, sehingga bisa mengurangi perkembangbiakan nyamuk. Larvitrap merupakan perangkap nyamuk yang tidak mengandung bahan beracun seperti obat nyamuk pada umumnya. Nah, pada tanggal 13 Januari 2020, siswa-siswi kelas IV-B SD Kristen Petra 5 belajar membuat larvitrap. Bagaimana cara membuatnya? Yuk, kita simak cara pembuatannya!

Nyamuk 2

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahannya, yaitu: air, gula merah, ragi, dan botol air mineral bekas. Kemudian, siapkan wadah perangkapnya dengan cara memotongnya menjadi dua bagian. Pisahkan bagian mulut dan bawah botol. Langkah berikutnya, campur gula merah dengan air panas. Biarkan hingga dingin, dan tuang pada bagian potongan bawah botol. Lalu, tambahkan ragi pada cairan gula merah. Setelah itu, pasang (masukkan) potongan botol bagian atas dengan posisi terbalik seperti corong. Bungkus botol dengan sesuatu yang berwarna hitam; bisa menggunakan tas kresek. Langkah terakhir, letakkan botol pada sudut ruangan, dan larvitrap pun siap sebagai perangkap nyamuk. Tunggu hingga dua minggu ke depan untuk melihat nyamuk hasil tangkapan. Nah, teman-teman… inilah cara kami untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk. Mudah, bukan? Kalian juga bisa mencoba membuatnya di rumah, lho…!

boost the values reap the success