| |

Testimoni Pembelajaran LFH

Saya memiliki 2 orang putera yang bersekolah di SD Kristen Petra 5 Surabaya. Selama pandemi ini, saya mendampingi kedua putera saya selama belajar di rumah. Menurut saya, kegiatan LFH  bagi siswa cukup unik, meskipun ada beberapa kesulitan bagi orang tua dalam menerapkan materi pembelajaran sekolah ke anak. Namun, melalui momentum ini membuat orang tua memiliki waktu lebih dekat dan lebih fokus dengan anak.

Foto 1

Foto 2

Materi pembelajaran yang diberikan oleh sekolah cukup menarik dan seru. Pemberian materi ada yang  disajikan dalam bentuk video, hal ini dapat  membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi pembelajaran. Demikian juga dalam hal tugas-tugas, siswa diajak untuk mengasah kreativitas dan praktik langsung, misalnya  percakapan antar teman menggunakan bahasa Mandarin, presentasi bahasa Inggris mengenai cara-cara pencegahan virus corona dan juga praktik IPA tentang perubahan wujud benda dan perpindahan panas. Bentuk kegiatan lain yang tidak kalah menarik yaitu, pemberian soal-soal latihan dalam bentuk permainan melalui aplikasi Quiz ataupun Kahoot. Melalui metode ini, anak-anak merasakan pembelajaran yang fun. Pemberian soal tidak lagi menjadi beban yang berat, karena terasa seperti bermain game dan juga bisa berlomba dengan sesama teman.

 Tidak hanya secara akademis saja, sekolah juga memberikan pembelajaran untuk melatih siswa supaya lebih mandiri dan dewasa melalui tugas-tugas pekerjaan rumah, seperti membantu orang tua membersihkan rumah, mencuci dan memasak.

Untuk menghadapi tugas yang tidak sedikit ini, sangat disarankan kepada setiap siswa menyelesaikan tugas setiap hari, apabila tugas disisakan untuk keesokan harinya, akan semakin menumpuk. Juga kepada orang tua harus bisa mensiasati rasa bosan anak selama di rumah.

Saya bangga memiliki anak-anak yang bersekolah di SD Kristen Petra 5 Surabaya. PPPK Petra juga memerhatikan kondisi ekonomi para orang tua sehubungan dengan sulitnya  perekonomian di masa pandemi ini dengan memberikan potongan uang sekolah yang diakumulasikan sebesar 50% di bulan Juni  dan Uang Daftar Ulang untuk tahun ajaran 2020/2021 sebesar 50% juga.

Salam hormat,


Felliany Ongkowidjojo (orang tua Boston Albertson Puspo (kls 5A) & Brooklyn Albertson Puspo (kls IIIE)

boost the values reap the success