| |
Cannot find sekolah/sd_petra_5/pembelajaran/2021/kenjeran subfolder inside /home/pppkpet1/public_html/subdomain/sdpetra5/images/sekolah/sekolah/sd_petra_5/pembelajaran/2021/kenjeran/ folder.
Admiror Gallery: 5.2.0
Server OS:Apache
Client OS:Unknown
PHP:7.3.29

VIRTUAL FIELD TRIP: Mengenal Masyarakat di Pesisir Pantai Kenjeran

Tidak terasa pandemi covid-19 sudah kita rasakan selama 1 tahun. Kita harus bekerja, belajar dan beribadah di rumah untuk mencegah penyebaran covid-19. Pepatah mengatakan, “ada banyak jalan menuju Roma”, artinya ada banyak cara untuk meraih sesuatu asalkan kita mau berusaha. Seperti kegiatan Field trip yang dilakukan secara virtual adalah salah satu cara kami untuk lebih memamahami pembelajaran secara nyata.

Virtual field trip kelas 4, siswa diajak oleh para guru berkunjung ke Pantai Kenjeran. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 16 April 2021. Tidak hanya mengenal keindahan alam Pantai Kenjeran saja, tetapi kami mengenal kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat sekitar pantai. Teman-teman, apakah kalian tahu kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat pantai? Orang-orang yang tinggal di pesisir pantai biasanya melakukan kegiatan menangkap ikan atau yang sering disebut sebagai nelayan. Sumber daya alam yang tersedia membawa manfaat secara ekonomi. Selain pemandangan pantai Kenjeran yang indah, terdapat juga pasar Sentra Ikan Bulak yang menjual hasil laut, seperti ikan. Tidak hanya berupa ikan segar, tetapi produk olahan ikan juga ada, seperti ikan asap, ikan asin, kerupuk ikan. Di Pantai Kenjeran kita juga bisa melihat langsung orang-orang yang sedang mengolah ikan asap. Berikutnya, kami berkunjung ke sentra pengrajin kerang. Di tempat ini kalian bisa membeli oleh-oleh aksesoris atau hiasan yang terbuat dari kerang.

Dari kegiatan field trip, kami belajar bahwa alam yang ada di sekitar kita ternyata dapat mendatangkan berkat bagi kehidupan kita. Maka dari itu, kita patut bersyukur ya teman-teman karena Tuhan sudah menganugerahkan alam kepada kita semua. Ayo, kita jaga kelestariannya.

boost the values reap the success