| |

Novel Coronavirus

Hai, teman- teman ....! Tahukah kalian tentang Novel  Coronavirus yang sedang ramai diberitakan akhir- akhir ini. Naah... pada Jumat, 7 Februari 2020 SD Kristen Petra 5 khususnya siswa kelas V mendapat penyuluhan tentang coronavirus dari petugas Puskesmas Keputih. Dari penyuluhan tersebut,  kita menjadi tahu bahwa apa itu Novel Coronavirus dan cara pencegahannya. Novel Coronavirus adalah virus  baru yang barasal dari Wuhan, Cina, dengan gejala demam, batuk pilek, gangguan pernafasan, letih dan lesu.

NC_3.jpgNC_2.jpgNC_1.jpg

Sampai saat ini belum ada vaksin untuk virus corona ini. Kita dapat mencegahnya dengan cara:

  1. Sering cuci tangan menggunakan sabun
  2. Menggunakan masker bila sakit batuk dan pilek
  3. Konsumsi gizi seimbang, perbanyak makan sayur dan buah
  4. Hati-hati kontak dengan hewan
  5. Rajin berolah raga dan istirahat yang cukup
  6. Jangan konsumsi daging yang tidak dimasak
  7. Bila batuk, pilek, dan sesak nafas segera periksakan ke dokter

ASCE

ASCE_3.jpgASCE_2.jpgASCE_1.jpg

Hai teman-teman, kami dari SD Kristen Petra 5 Surabaya ingin berbagi cerita tentang kegiatan kami yaitu kegiatan ASCE atau Art, Science, and Charity. Event ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh sekolah. Tahun ini ASCE SD Kristen Petra 5 dilaksanakan pada hari Jumat 21 Februari 2020. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh siswa SD Kristen Petra 5 Surabaya beserta orang tua.

Kegiatan ini diawali dengan kegiatan fun gym with instructor yang dilakukan oleh seluruh siswa kelas 3. Kemudian juga ada kegiatan talk show yang diikuti oleh beberapa orang tua dengan narasumber Harsono Wiradinata, dr. Sp.KJ. Kegiatan tidak berhenti sampai disini saja, selanjutnya ada performance dari para siswa yaitu tari tradisional, solo / trio vocal, mini ansamble, angklung grup, gerak dan lagu serta modern dance.  Selama performance berlangsung, pada bagian pameran, ada hal yang tidak kalah menarik yaitu recycle and hydroponic class. Para siswa mendapat kesempatan untuk mencoba menanam dengan metode hidroponik. Pada stan recycle, para siswa belajar membuat sabun dari minyak bekas serta pengolahan kertas daur ulang. Selain menampilkan bakat dan keterampilan siswa melalui performance ataupun pameran. Pada kegiatan ini, sekolah juga mengampanyekan gerakan untuk mengurangi sampah plastik dengan cara membawa reusable bag, tumbler ataupun lunch box pribadi untuk digunakan pada saat berbelanja di bazar. Melalui kegiatan ASCE ini, selain memberikan kesempatan para siswa untuk mengembangkan talenta juga mengajak siswa untuk lebih peduli kepada lingkungan.

D5 Dustbin Painting Competition

Dustbin 1

Hai, teman-teman, bertemu lagi dengan siswa- siswi SD Kristen Petra 5, kali ini kami bercerita tentang lomba melukis tempat sampah.  Setelah satu minggu  mengikuti Penilaian Akhir Semester, sekolah kami mengadakan beberapa lomba, salah satunya adalah lomba  melukis tempat sampah. Lomba ini diikuti oleh siswa- siswi kelas 5 dan 6. Tempat sampah yang terbuat dari kayu bekas daun meja yang tidak terpakai harus diberi lukisan pada setiap bidangnya.  Tujuan kegiatan ini diadakan selain untuk menggali kreatifitas dalam melukis , diharapkan pula setelah memiliki tempat sampah yang cantik dan menarik dapat lebih meningkatkan budaya bersih dan tertib dalam membuang sampah.

Dustbin 2

Tampak para siswa kelas 5 dan 6  sangat antusias membuat pola dan mewarnai lukisan di tempat sampah yang disediakan.  Ide-ide kreatif mereka sangat beragam sehingga dengan mudah dan leluasa membuat goresan demi goresan. Sampai hari yang telah ditentukan, setiap kelas menunjukkan hasil karyanya untuk dinilai oleh juri. Sepanjang mata melihat, tempat sampah kayu tersebut disulap menjadi tempat sampah yang sangat cantik dan menarik. Terlihat lukisan pemandangan laut biru, gunung yang tinggi, pepohonan hijau dan langit yang luas dengan burung berterbangan.

Pastinya akan sulit menentukan pemenang juara lomba ini. Apapun hasilnya dan berapapun juara yang didapat, yang paling penting dalam lomba ini adalah hasil dan usaha para siswa.

Fun Gym Competition 2019

Mens sana in corpore sano”, sebuah kalimat dalam Bahasa Latin yang berarti "Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Kalimat ini mengingatkan kita pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk menjaga kesehatan adalah dengan berolahraga.

fun_Gym_1.jpgFun_Gym_2.jpgFUN_GYM_I.jpg
 

Berolah raga dengan teratur, selain menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh juga menjadikan jiwa dan fikiran kita lebih segar, terlebih jika kita melakukannya di tempat terbuka atau lapangan pada pagi hari. Di sekolah kami, kegiatan olahraga dilakukan secara rutin, salah satunya dalam bentuk Fun Gym. Seluruh siswa kelas 1 sampai kelas 6 mengikuti kegiatan Fun Gym secara bergantian sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Fun gym merupakan kegiatan senam yang diiringi oleh musik dengan nuansa riang gembira. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun pola hidup sehat pada siswa. Nah, di penghujung akhir semester 1 ini ada yang spesial. Sekolah kami, SD Kristen Petra 5 Surabaya mengadakan Fun Gym Competition pada tanggal 9-11 Desember 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk mengapresiasi kesungguhan para siswa yang telah mengikuti kegiatan rutin fun gym  pada semester 1. Tiap-tiap kelas saling bersaing menunjukkan kekompakkan, semangat dan hafal akan gerakan. Hasilnya, terdapat 6 pemenang untuk tiap jenjang yaitu kelas 1B, 2D, 3D, 4C, 5B dan kelas 6C. Wajah sukacita nampak dari  para peserta ketika pemenang lomba diumumkan.

Berkebun Hidroponik

Berkebun Hidroponik 1

Kegiatan berkebun biasanya identik dengan tanah yang berlumpur, kotor, dan berada di tempat yang luas. Namun tahukah kalian? Kini, kegiatan berkebun bisa dilakukan di mana pun kita berada. Tidak perlu lagi lahan yang luas ataupun tanah sebagai media tanam. Pada saat ini, siswa-siswi kelas VI mendapat kesempatan yang seru, lho… dengan belajar berkebun metode hidroponik.
Berkebun Hidroponik 3

Awalnya kami bertanya-tanya… seperti apa sih hidroponik itu? Bapak Josef selaku pengajar IPA di SD Kristen Petra 5, dengan sabar menjelaskannya kepada kami. Hidroponik adalah salah satu metode bercocok tanam dengan memanfaatkan air, dan media tanamnya bisa menggunakan rockwool. Oleh sebab itu, kita tidak membutuhkan lahan yang besar untuk belajar berkebun, bisa di mana pun, termasuk di rumah kita sendiri, lho! Seru, kan? Nah, kalian penasaran bagaimana caranya? Yuk, kita simak penjelasan berikut!

boost the values reap the success