| |

Tuhan Beserta Kita

We wish you are Merry Christmas…
We wish you are Merry Christmas…
We wish you are Merry Christmas and Happy New Year.

image_003.jpgimage_005.jpgimage_004.jpgimage_002.jpgimage_001.jpg

Hai, teman-teman bagaimana kabarnya? Saya percaya pasti semuanya dalam keadaan yang sehat karena sebentar lagi kita akan merayakan hari kelahiran Tuhan Jesus. Teman-teman, setiap tahun kita merayakan hari Natal bersama di sekolah, tapi tahun ini berbeda karena kita belum bisa bertemu secara langsung. Nah, tema-teman tidak usah khawatir walaupun tidak bisa bertemu secara langsung kita masih bisa merayakan Kebaktian Natal dengan meriah secara online melalui Zoom Meeting.  

Teman-teman, Kebaktian dan Perayaan Natal di SD Kristen Petra 5 dilaksanakan pada hari Rabu, 15 Desember 2020, pukul 08.00-10.00 WIB. Dengan tema “Tuhan Beserta Kita” dengan pembicara Ibu Susanna Kurniawan, S.Th. Tema Natal ini bermakna bahwa tantangan pada kehidupan yang kita hadapi saat ini bisa kita lalui melalui penyertaan Tuhan yang selalu sempurna dan nyata dalam kehidupan kita. Bukti nyatanya adalah tak terasa sudah satu semester lebih segala kegiatan belajar mengajar dilaksanakan melalui aplikasi Zoom termasuk Kebaktian dan Perayaan Natal tahun ini. Semuanya bisa kita lalui karena Tuhan selalu menyertai kita.

Perayaan Natal dikemas dalam sebuah video yang telah diedit dengan menarik. Siswa-siswi pun ikut berpastisipasi menampilkan talenta mereka yang dikirim melalui rekaman video. Seperti pujian natal yang dibawakan oleh Jesslyn, Myisha, Revayah dan Jayden. Selain itu dari James, Seila, Ricco dan Kezia membawakan sebuah pantun Natal yang indah. Selanjutnya penampilan dari Ivan yang membawakan lagu natal dengan bermain solo drum. Perayaan ditutup dengan pesan dan kesan dari beberapa siswa tentang perayaan Natal tahun ini yang diadakan dengan Zoom Meeting. Mereka tetap berkesan dan dapat merasakan kasih Kristus dalam Natal tahun ini walaupun pelaksanaannya secara online.

BEBRAS 2020: Boleh dari rumah - Diatur Sekolah

Hai…teman-teman, apakah kalian mengikuti kegiatan Bebras?

Bebras adalah Kompetisi yang dilakukan setiap tahun secara online melalui computer. Kompetisi ini diadakan pertama kali di negara Lithuania oleh Prof. Valentina Dagiene dari University of Vilnus pada tahun 2004. BEBRAS sendiri adalah istilah dalam Bahasa Lithuania “beaver” (berang- berang). Bebras dipilih sebagai symbol tantangan (challenge), karena hewan beaver berusaha keras untuk mencapai target secara sempurna dalam aktivitasnya sehari- hari.

bebras 1

Nah, tahun ini walaupun dalam situasi pandemi, BEBRAS tetap hadir dengan tema ‘Boleh dari Rumah- Diatur Sekolah.’ BEBRAS 2020 kali ini juga bekerjasama dengan Universitas Kristen Petra Surabaya (UKP). Tema ini mewakili situasi saat ini ya teman-teman, walaupun kita harus tetap stay di rumah tapi kita masih bisa mengikuti kegiatan dan lomba yang menyenangkan, salah satunya BEBRAS. Mengikuti kompetisi BEBRAS, anak dapat belajar hal baru di luar pelajaran sekolah, yaitu kemampuan berpikir logika. Selain itu anak dapat dikenalkan dengan dasar- dasar informatika. Pelaksanaan BEBRAS tahun ini berbeda karena Tantangan BEBRAS dilaksanakan dari rumah, sehingga anak juga belajar bahwa kejujuran lebih penting dari pada kemenangan.

Bebras 2

Naahh, tantangan BEBRAS dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober dan 7 November 2020 pukul 13.00 – 15.00 WIB, dengan jumlah peserta kurang lebih 180 peserta. Sebelum kompetisi BEBRAS dilaksanakan, ada 2 pertemaun yang harus diikuti oleh peserta.  Pertemuan pertama yaitu cara membuat akun untuk login ke kumpulan soal dan membahas beberapa soal. Pertemuan kedua, membahas kumpulan soal yang telah dikerjakan bersama sama. Peserta diajarkan menjawab soal bentuk uraian yang dilengkapi dengan gambar yang menarik, soal- soal yang terkait pada konsep tertentu dalam informatika dan computational thinking. Kompetisi ini mengajarkan kita untuk menunjukkan sikap kerja keras seperti beaver di dalam kehidupan sehari- hari. Nah, teman-teman semoga menginspirasi dan selamat mencoba Kompetisi Bebras tahun depan. Stay healthy & God bless you.

Bebras 3

Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati

Suasana riuh terdengar di pagi hari, sangat berbeda dari biasanya. Ratusan siswa nampak diantar oleh orang tua datang ke sekolah SD Kristen Petra 5 Surabaya. Ada yang datang dengan wajah takut, tegang, ada yang ceria dan tertawa. Lho…ada apakah ini? Bukankah kita masih menjalani sekolah daring? Mengapa mereka ke sekolah? Hayo, pasti penasaran kan, ada apa ya di sekolah kami? Yuk kita simak ceritanya...

Imun_1.jpegImun_2.jpeg

Pada tanggal 22 Oktober 2020, sekolah kami mengadakan imunisasi untuk seluruh siswa kelas 1 dan para siswi kelas 5 dan 6. Sekolah bekerja sama dengan Puskesmas setempat memberikan imunisasi MR (Measles Rubella) kepada siswa siswi kelas 1, sedangkan untuk siswi kelas 5 & 6 mendapat imunisasi HPV (Human Papillomavirus). Imunisasi dilakukan sesuai dengan protokol Kesehatan dengan jadwal yang telah dibuat. Setiap siswa yang masuk area sekolah wajib menggunakan masker, dicek suhu tubuh, mencuci tangan dan menjaga jarak. Mereka masuk dalam antrian sambil menunggu giliran. Waah, disuntik ya? sakit kah? Lalu untuk apa diberi imunisasi?

Beragam respon muncul ketika siswa-siswi usai mendapat imunisasi. Ada yang mengatakan sakit, ada yang kayak digigit semut. Ada yang tersenyum dan berkata tidak sakit. Ada pula yang menangis karena takut. Meski demikian, semua siswa siswi mengikuti imunisasi dengan baik. Imunisasi diberikan untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh virus. Misalnya, imunisasi MR diberikan untuk mencegah penyakit yang diakibatkan oleh virus campak dan rubella, sedangkan imuniasasi HPV diberikan untuk mencegah penyakit yang diakibatkan oleh virus human papillomavirus. Seperti kata pepatah, “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Kesehatan tubuh adalah harta yang berharga bagi kita. Tidak ada satupun dari kita yang suka dengan penyakit. Jika kita terserang penyakit, kita tidak bisa beraktivitas, tidak bisa sekolah, dan tidak bisa bermain. Tentu saja hal ini tidak menyenangkan bagi kita. Maka dari itu penting bagi kita untuk menjaga kesehatan. Jangan lupa makan yang bergizi, istirahat yang cukup, olahraga teratur dan juga lakukan imunisasi ya.

Ayo teman-teman, mari kita bersama menjaga kesehatan! Salam sehat dari kami siswa siswi SD Kristen Petra 5 Surabaya! Tuhan memberkati kita semua.

Merdeka Berkarya di Tengah Pandemi!

Hallloo,  teman- teman yang ada di rumah..Merdekaa.. Merdekaa..Merdekaa!

Mari kita putus rantai Covid-19 dengan  rajin mencuci tangan, selalu memakai masker, dan physical distancing.

Begitu seruan para Siswa SD Kristen Petra 5 Surabaya dalam berbagai lomba HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Lomba 17 Agustus tahun ini masih dilaksanakan #dirumahAja tapi tidak mematahkan semangat kemerdekaan para siswa dalam berkarya.

Teman- teman, meskipun kita masih daring, dalam perayaan HUT ke-75 RI, SD Kristen Petra 5 mengadakan lomba yang untuk siswa kelas 1 sampai kelas 6. Lomba- lomba tersebut antara lain; Lomba menyuarakan “hidup sehat merdeka dari Covid-19” dengan membuat video pendek berdurasi 30 detik (untuk siswa kelas 1), lomba mewarnai (untuk siswa kelas 2), lomba membuat poster tentang Kemerdekaan (untuk siswa kelas 3), lomba menghias masker (untuk siswa kelas 4), lomba Vlog tentang mengisi kemerdekaan di kala pandemik (untuk siswa kelas 5), dan lomba menyanyi lagu Kemerdekaan (untuk siswa kelas 6). Para siswa mengumpulkan karyanya di Google Classroom yang sudah disediakan.

Untuk lomba video pendek kelas 1, Juara I diraih oleh Vanessa Ludwinia (IB), Juara II oleh Emma Natalia (IB), Juara III oleh Asamar Ailida (IC). Untuk siswa kelas II ada lomba mewarnai Juara I diraih oleh Hansen Iskandar Lie (2D), Chelsea Evorious (2D) sebagai juara II dan Juara III diraih oleh Gwyneth Chantelle (2A). Pemennag lomba Poster bertema kemerdekaan juara III diraih oleh Clairine Belicia (3D), Juara II diraih oleh Sean Kenneth (3A) dan Calista Chaste sebagai juara III. Nahh, ini dia lomba kelas IV yaitu lomba menghias masker, juara I diraih oleh Sincalir Justin G (4C), Juara II diraih oleh Livinia Vesa (4D), dan juara III adalah Andres Jonathan (4E). Lomba membuat Vlog kelas V juara I diraih oleh Ricco Leonard (5D), Juara II adalah Joanna Avelia (5D), dan Juara III diraih oleh Aurelius Richard (5B). Pemenang lomba menyanyikan lagu kemerdekaan kelas VI, juara I diraih oleh Angeline Rochelia (6A), Juara II adalah Angeline Natalia  (6C), dan Juara III diraih oleh Cathrine Hillary (6B).

Semua karya yang dibuat siswa hasilnya bagus dan memiliki keunikan masing-masing. Siswa membuktikan bahwa dalam situasi pandemik ini pun mereka masih bisa merdeka untuk berkarya. Begitu juga dengan kita teman-teman, jangan pernah menyerah untuk selau berkarya dan menghasilkan karya yang terbaik dalam setiap kesempatan.

Merdeka.. Merdekaa.. Merdekaaaa!!! Dirgahayu Indonesiaku

D5 Virtual Farewell Party

Waktu terus berjalan, tidak terasa kita telah sampai di penghujung tahun ajaran 2019/2020. Para siswa dan guru SD Kristen Petra 5  menutup tahun ajaran 2019/2020 dengan mengucap syukur atas penyertaan Tuhan sehingga kita dapat menyelesaikan kegiatan belajar di masa pandemi Covid-19  melalui pembelajaran daring.

Farewell 1

Tepat pada tanggal 18 Juni 2020, SD Kristen Petra 5 mengadakan Ibadah Tutup Tahun Ajaran 2019-2020 melalui zoom. Pelaksanaan ibadah syukur ini dibagi menjadi empat kelompok berdasarkan guru agama yang mengampu kelas I sampai dengan kelas VI. Setiap kelompok dilayani oleh  liturgos, pemusik, dan  pemimpin pujian yang diwakili oleh guru-guru serta pelayan firman oleh semua guru agama SD Kristen Petra 5, dengan tujuan agar para siswa dapat mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan lebih dalam dan khidmat.

Farewell 2

Ibadah diawali dengan puji-pujian syukur kepada Tuhan kemudian dilanjutkan renungan yang terambil dari Firman Tuhan pada Mazmur 98 dengan tema Melodi Kasih yang berarti  mengajak semua orang selalu memuji Tuhan dalam segala kondisi dan keadaan.

Keesokan harinya pada tanggal 19 Juni 2020 dilaksanakan kegiatan acara tutup tahun ajaran 2019/2020 dengan cara “Virtual Farewell Class” , yang menjadi alternatif kegiatan acara di tengah pandemi Covid-19. Perayaan tutup tahun ajaran ini tidak mengurangi suka cita para siswa walaupun dilakukan secara virtual. Tiap-tiap kelas mengadakan acara ini melalui media online zoom.

Acara diawali dengan menyanyi bersama, dilanjutkan renungan singkat dan kesan pesan oleh guru kelas. Dalam acara tersebut, para siswa juga melihat video kenangan selama mereka belajar di sekolah. Ada juga siswa yang menyanyi dan menari untuk mengisi acara tersebut. Tampak beberapa peserta termasuk para guru dan siswa tidak kuasa menahan tangis terharu karena tidak bisa melakukan perpisahan kelas seperti biasanya. Namun di sisi lain, kami juga bersyukur, karena kami semua bisa naik ke jenjang kelas berikutnya. Terima kasih Tuhan.....

Selamat mengikuti pembelajaran di tahun ajaran 2020/2021 teman-teman, Tuhan memberkati dan salam sehat selalu.

boost the values reap the success