| |

BEBRAS 2020: Boleh dari rumah - Diatur Sekolah

Hai…teman-teman, apakah kalian mengikuti kegiatan Bebras?

Bebras adalah Kompetisi yang dilakukan setiap tahun secara online melalui computer. Kompetisi ini diadakan pertama kali di negara Lithuania oleh Prof. Valentina Dagiene dari University of Vilnus pada tahun 2004. BEBRAS sendiri adalah istilah dalam Bahasa Lithuania “beaver” (berang- berang). Bebras dipilih sebagai symbol tantangan (challenge), karena hewan beaver berusaha keras untuk mencapai target secara sempurna dalam aktivitasnya sehari- hari.

bebras 1

Nah, tahun ini walaupun dalam situasi pandemi, BEBRAS tetap hadir dengan tema ‘Boleh dari Rumah- Diatur Sekolah.’ BEBRAS 2020 kali ini juga bekerjasama dengan Universitas Kristen Petra Surabaya (UKP). Tema ini mewakili situasi saat ini ya teman-teman, walaupun kita harus tetap stay di rumah tapi kita masih bisa mengikuti kegiatan dan lomba yang menyenangkan, salah satunya BEBRAS. Mengikuti kompetisi BEBRAS, anak dapat belajar hal baru di luar pelajaran sekolah, yaitu kemampuan berpikir logika. Selain itu anak dapat dikenalkan dengan dasar- dasar informatika. Pelaksanaan BEBRAS tahun ini berbeda karena Tantangan BEBRAS dilaksanakan dari rumah, sehingga anak juga belajar bahwa kejujuran lebih penting dari pada kemenangan.

Bebras 2

Naahh, tantangan BEBRAS dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober dan 7 November 2020 pukul 13.00 – 15.00 WIB, dengan jumlah peserta kurang lebih 180 peserta. Sebelum kompetisi BEBRAS dilaksanakan, ada 2 pertemaun yang harus diikuti oleh peserta.  Pertemuan pertama yaitu cara membuat akun untuk login ke kumpulan soal dan membahas beberapa soal. Pertemuan kedua, membahas kumpulan soal yang telah dikerjakan bersama sama. Peserta diajarkan menjawab soal bentuk uraian yang dilengkapi dengan gambar yang menarik, soal- soal yang terkait pada konsep tertentu dalam informatika dan computational thinking. Kompetisi ini mengajarkan kita untuk menunjukkan sikap kerja keras seperti beaver di dalam kehidupan sehari- hari. Nah, teman-teman semoga menginspirasi dan selamat mencoba Kompetisi Bebras tahun depan. Stay healthy & God bless you.

Bebras 3

boost the values reap the success