| |

Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati

Suasana riuh terdengar di pagi hari, sangat berbeda dari biasanya. Ratusan siswa nampak diantar oleh orang tua datang ke sekolah SD Kristen Petra 5 Surabaya. Ada yang datang dengan wajah takut, tegang, ada yang ceria dan tertawa. Lho…ada apakah ini? Bukankah kita masih menjalani sekolah daring? Mengapa mereka ke sekolah? Hayo, pasti penasaran kan, ada apa ya di sekolah kami? Yuk kita simak ceritanya...

Imun_1.jpegImun_2.jpeg

Pada tanggal 22 Oktober 2020, sekolah kami mengadakan imunisasi untuk seluruh siswa kelas 1 dan para siswi kelas 5 dan 6. Sekolah bekerja sama dengan Puskesmas setempat memberikan imunisasi MR (Measles Rubella) kepada siswa siswi kelas 1, sedangkan untuk siswi kelas 5 & 6 mendapat imunisasi HPV (Human Papillomavirus). Imunisasi dilakukan sesuai dengan protokol Kesehatan dengan jadwal yang telah dibuat. Setiap siswa yang masuk area sekolah wajib menggunakan masker, dicek suhu tubuh, mencuci tangan dan menjaga jarak. Mereka masuk dalam antrian sambil menunggu giliran. Waah, disuntik ya? sakit kah? Lalu untuk apa diberi imunisasi?

Beragam respon muncul ketika siswa-siswi usai mendapat imunisasi. Ada yang mengatakan sakit, ada yang kayak digigit semut. Ada yang tersenyum dan berkata tidak sakit. Ada pula yang menangis karena takut. Meski demikian, semua siswa siswi mengikuti imunisasi dengan baik. Imunisasi diberikan untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh virus. Misalnya, imunisasi MR diberikan untuk mencegah penyakit yang diakibatkan oleh virus campak dan rubella, sedangkan imuniasasi HPV diberikan untuk mencegah penyakit yang diakibatkan oleh virus human papillomavirus. Seperti kata pepatah, “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Kesehatan tubuh adalah harta yang berharga bagi kita. Tidak ada satupun dari kita yang suka dengan penyakit. Jika kita terserang penyakit, kita tidak bisa beraktivitas, tidak bisa sekolah, dan tidak bisa bermain. Tentu saja hal ini tidak menyenangkan bagi kita. Maka dari itu penting bagi kita untuk menjaga kesehatan. Jangan lupa makan yang bergizi, istirahat yang cukup, olahraga teratur dan juga lakukan imunisasi ya.

Ayo teman-teman, mari kita bersama menjaga kesehatan! Salam sehat dari kami siswa siswi SD Kristen Petra 5 Surabaya! Tuhan memberkati kita semua.

boost the values reap the success