| |

Monumen Jalesveva Jayamahe dan Tugu Pahlawan

trip 2

Sebagai kota Pahlawan,  Surabaya memiliki tempat sejarah yang menggambarkan kegigihan perjuangan para pejuang yaitu Monumen Tugu Pahlawan dan Monumen Jalesveva Jayamahe. Monumen Tugu Pahlawan terletak di Jalan Pahlawan Surabaya, sedangkan Monumen Jalesveva Jayamahe terletak di Jalan Armada Timur Ujung, Kecamatan Semampir. Pada hari Rabu, 29 Mei 2018 seluruh siswa kelas III SD Kristen Petra 5 berkesempatan untuk mengadakan kunjungan ke Monumen Tugu Pahlawan dan Monumen Jalesveva Jayamahe. Kunjungan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa tentang perjuangan para perjuang melawan penjajah dalam menjaga keutuhan NKRI.

trip 3

Tempat pertama yang dikunjungi adalah Monumen Jalesveva Jayamahe, monumen ini diberi nama Jalesveva Jayamahe yang memiliki arti “Di Laut Kita Jaya”.Monumen didirikan untuk memberi penghargaan serta mengenang perjuangan para prajurit Angkatan Laut Indonesia dalam melindungi laut kita. Saat tiba disana, anak-anak diajak berkeliling melihat kapal perang dan mendengarkan penjelasan tour guide. Di akhir tour, anak-anak diajak ke museum untuk melihat sejarah perjuangan TNI-AL dan tidak lupa foto bersama didepan icon monumen Jalesveva Jayamahe.

trip 1

Setelah  dari monumen Jalesveva Jayamahe, kami melanjutkan perjalanan ke Monumen Tugu Pahlawan yang dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Dalam peristiwa ini arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan Sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia. Di Monumen Tugu Pahlawan  terdapat museum untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang di Surabaya. Kami dijelaskan sejarah Monumen Tugu Pahlawan serta diajakberkeliling di dalam Museum Sepuluh November, kami dapat melihat banyak peninggalan benda-benda bersejarah yang dipakai dalam peristiwa Pertempuran 10 November 1945. Kami juga mendengarkan siaran radio dari Bung Tomo yang berisi kobaran semangat untuk melawan penjajah. Tidak hanya itu saja, kami juga masuk ke dalam ruang diorama yang menceritakan adegan  peristiwa Pertempuran 10 November 1945. Sebagai penutup dari kunjungan di Museum Tugu Pahlawan, kami diberi kesempatan untuk menonton film tentang perjuangan arek-arek Suroboyo dalam menghadapi penjajah. Dari kunjungan ini kami menjadi tahu sejarah peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang dapat menumbuhkan semangat nasionalisme terhadap bangsa Indonesia. Merdeka…Merdeka…Merdeka…!!

boost the values reap the success