| |

Virtual Field Trip- Let’s go to Mini Agrowisata Surabaya

“Wah, tanaman hijau, segar dan buahnya besar- besar yah!”
“Terlihat sejuk dan bahagia sekali hewan- hewan ternak disana!”
“Waoow ada melon yang berbentuk hati!”

virtual_field_trip_4.jpgvirtual_field_trip_2.jpgvirtual_field_trip_1.jpgvirtual_field_trip_3.jpg

Hmmhh, penasaran gaa kira- kira dimana yah kali ini siswa kelas 5, SD Kristen Petra 5 berkegiatan field trip?

Ternyata pada hari Selasa, 20 April 2021 mereka mengadakan acara field trip ke Mini Agrowisata Surabaya. Walaupun field trip yang diadakan masih secara virtual tentunya tidak mengurangi rasa sukacita dan kegembiraan mereka untuk dirayakan bersama melalui aplikasi zoom.

Banyak hal yang dipelajari dari virtual field trip kali ini. Mini Agrowisata letaknya di Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKKP) jalan Pagesangan II no. 56 Surabaya. Ms. Desi, Ms. Sri dan Ms. Vitri tentunya sebagai pemandu field trip seru kali ini. Diawali oleh Ms. Vitri yang mengajak ke area pembibitan anggrek dan tanaman Tanduk Rusa yang diambil di gunung. Ms. Vitri menjelaskan bahwa pembibitan Anggrek bisa menggunakan beberapa media tanam yaitu media tanam lumut, media tanam serabut kelapa, dan media tanam batok arang kayu. Selain itu, ruang tanaman anggrek juga diberi kipas angin agar menjaga kelembapan bunga- bunga anggrek serta tanaman tanduk rusa.

Setelah itu, yukk kita jalan- jalan di kebun TABULAMPOT (Tanaman Buah dalam Pot) di kebun ini bisa belajar bagaimana menanam tanaman- tanaman buah yang bisa ditanaman dalam pot serta belajar tentang macam- macam tanaman toga. Contohnya; tanaman buah sawo, buah belimbing, buah nangka dan lain- lain. Nah, selain itu ada juga tanaman toga yang artinya tanaman obat keluarga. Ternyata, tanaman toga bisa berkhasiat banyak untuk kesehatan. Bapak Sukirno, selaku pengurus di DKKP memberikan penjelasan kegunaan tanaman toga. Daun Gondoruso berkhasiat menurunkan demam, daun Gambang Colok berkhasiat untuk menambah darah, daun Aprika dicampur dengan daun Sirsat direbus berkhasiat untuk mengobati diabetes, dan lainnya lagi.

Lalu jalan ke area kebun buah. Nahh, yang menarik disini ada tanaman melon yang bisa dibentuk hati. Di sebelahnya lagi ada area Aquaponik. Aquaponik adalah media tanam baru yaitu yang mana kolam ikan dan diatas air kolam ikan ditanami tanaman- tanaman seperti beras, tanaman sayur. Tanaman- tanaman tersebut mendapat asupan gizi dan nutrisi dari kotoran- kotoran ikan yang ada di kolam tersebut. Menarik bukan!

Sebagai penutup dari virtual mini agrowisata ini, kita diajak berjelajah di area peternakan bersama Ms. Sri. Di area ini bisa belajar cara beternak yang baik dan benar mulai dari beternak ayam, kelinci, kambing hingga sampai sapi sekalipun. Semuanya menarik untuk dipelajari, kan!!

Tentunya jika kalian ingin beternak dan bertanam disesuaikan juga yah tempat, hewan dan tumbuhan apa yang cocok diternakan atau ditanam dengan tempat tinggal kalian… heehehehhe J

Nahh, itulah keseruan virtual field trip dari SD Kristen Petra 5 bersama siswa- siswa kelas 5. Kesan pesan dari dari siswa kelas 5 adalah mereka terkesan dengan merawat tanaman buah melon yang dibentuk hati dan metode media tanam dengan aquaponik.

Gimana nih, seruu kan virtual field trip kami, semoga pandemi ini lekas berlalu sehingga kita bisa berkunjung dan belajar secara langsung di Mini Agrowisata Surabaya. Salam sehat J

boost the values reap the success